Vertigo, suatu sakit kepala berputar biasa atau tanda klinis dari penyakit lain…??

Keluhan sakit kepala memang sangat banyak dan mungkin hampir setiap hari menyerang kita. Rasanya bisa bervariasi dan begitu pula dengan penyebabnya. Namun sering sekali sakit kepala dianggap suatu keluhan yang biasa-biasa saja, yang tidak memerlukan perhatian khusus dan diharapkan hilang sendiri dengan beritirahat atau minum obat-obatan sakit kepala. Alhasil sering sekali penyakit lainnya yang lebih berat tidak terdeteksi secara dini.

Salah satu jenis sakit kepala yang sering dikeluhkan adalah rasa sakit kepala berputar atau yang biasa disebut “Vertigo”. Penderita akan merasakan dirinya berputar-putar terhadap lingkungan sekitarnya atau lingkungan sekitarnya yang berputar-putar terhadap dirinya. Pada kondisi yang berat, penderita bahkan dapat kehilangan keseimbangan dan merasa akan jatuh atau bahkan jatuh serta tidak dapat berdiri. Hal ini akan menjadi sangat mengganggu untuk aktifitas sehari-hari. Beberapa keluhan vertigo dapat berkurang dengan mengkonsumsi obat-obat sakit kepala atau obat untuk vertigo. Namun beberapa di antaranya tidak berkurang sama sekali.

Vertigo disebabkan gangguan pada sistem vestibuler atau sistem keseimbangan tubuh kita. Sistem vestibuler tersebut terletak pada organ vestibuler yang berdekatan dengan organ pendengaran kita. Selain itu terdapat pula saraf vestibuler (saraf ke VIII dari saraf kranial) yng menghantarkan informasi keseimbangan ke otak kita (otak kecil / serebelum). Otak kecil atau “serebelum” merupakan pusat pengaturan keseimbangan pada tubuh kita. Gangguan atau kelainan pada organ vestibuler, saraf vestibuler dan otak kecil dapat menimbulkan keluhan vertigo atau rasa sakit kepala berputar.

Lalu kelainan-kelainan apa saja yang dapat memicu timbulnya vertigo…???

Kelainan pada organ vestibuler dapat mengakibatkan vertigo. Kelainan ini dapat disebabkan oleh proses penuaan atau degenerasi dimana organ vestibuler mulai kaku dan produksi cairan vestibuler mulai sedikit sehingga gerakannya menjadi lambat. Selain itu gangguan atau ketidakseimbangan hormonal, misalnya pada wanita yang sedang menstruasi atau sedang mengandung/hamil atau wanita yang memasuki fase menopause, dapat juga mengganggu fungsi normal dari organ vestibuler.

Kelainan pada saraf vestibuler dapat disebabkan oleh berbagai penyakit seperti tumor otak, kelainan pembuluh darah otak atau kelainan akibat sumbatan pembuluh darah (stroke). Selain itu penggunaan beberapa jenis obat tertentu yang memiliki efek toksik ke saraf kranialis VIII, dapat mengakibatkan vertigo.

Kelainan pada otak kecil / serebelum dapat disebabkan oleh penyakit seperti tumor otak, stroke, gangguan pembuluh daraf, infeksi/abses otak, trauma otak dan lain-lain.

Lalu bagaimana mengetahui apakah vertigo yang kita alami merupakan sakit kepala biasa atau merupakan tanda adanya penyakit lain yang lebih berat di dalam otak…??

Tidaklah mudah untuk menentukan penyebab dari vertigo walau sudah dilakukan pemeriksaan fisik secara lengkap. Namun sebagai panduan untuk kecurigaan adanya penyakit serius di belakang sebuah serangan vertigo adalah sebagai berikut :

1. Serangan vertigo yang semakin lama semakin memberat dan semakin sering frekuensi nya, harus dicurigai adanya suatu kelainan lain yang mungkin perlu segera diperiksa dan ditangani.

2. Serangan vertigo yang tidak membaik setelah mendapatkan pengobatan yang sesuai. Umumnya dapat dipakai patokan apabila serangan vertigo tidak membaik setelah mengkonsumsi obat vertigo selama 2-3 bulan.

3. Penderita vertigo umumnya sudah mengenal kapan serangan vertigo yang dialaminya akan muncul mengingat penyakit vertigo ini umumnya sudah bersifat kronik dan muncul secara periodik/berkala. Sehingga bila tiba-tiba serangan vertigo muncul pada waktu atau periode waktu yang tidak biasa, maka harus dicurigai adanya suatu penyakit lain atau berkembangnya suatu penyakit.

4. Serangan vertigo yang disertai dengan gangguan saraf atau neurologis lainnya, misalnya gangguan keseimbangan dan terjatuh, gangguan pendengaran, gangguan pengecapan atau mimik wajah, gangguan perasa di wajah, gangguan bicara, kelamahan alat gerak dan lain-lain. Pada kondisi seperti ini harus dicurigai telah munculnya penyakit lain yang lebih serius dan harus ditangani segera.

Demikianlah di antara beberapa petanda bahwa vertigo merupakan tanda klinis adanya suatu penyakit lain yang lebih serius di dalam otak. Tidak sedikit saya menerima pasien-pasien dengan vertigo yang ternyata menderita tumor otak dan gangguan pembuluh darah otak. Memang harus diakui bahwa serangan vertigo sebagian besar disebabkan oleh gangguan hormonal dan proses degenerasi. Namun, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati….

 

VERTIGO
About these ads

8 gagasan untuk “Vertigo, suatu sakit kepala berputar biasa atau tanda klinis dari penyakit lain…??”

  1. Sy marasakan pusing ini dari 3 hari yg lalu, sepertinya gejala Vertigo ini berhubungan dg pendengaran sy (Vestibuler) kr dri remaja sudah alergi sama es, jadi begitu kena yg dingin2 (minuman atau buah) sy pasti bersin2 dan seperti kena flu alias pendengaran agak tertutup..saat ini sy dalam fase pramenopouse jadi semua beralasan. Cuma sy mau sembuh dri gejala ini tanpa harus minum obat..dokter punya saran buah yg dapat mengurangi gejala vertigo..? Info aja, diusia 52 tahun ini sy masih aktif aerobic..mksh

    1. Ibu Murni yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Wah sepertinya ibu sudah cukup banyak punya pengetahuan mengenai vertigo dan penyebabnya. Semua yang ibu jelaskan dalam tulisan ibu adalah kenyataan dan memang benar. Vertigo adalah keluhan sakit kepala berputar (merasa dunia berputar disekelilingnya atau merasa diri sendiri berputar terhadap dunia). Vertigo terjadi karena rangsangan pada sistem keseimbangan tubuh yang terdiri dari beberapa struktur yang berada di dalam tubuh khususnya di dalam kepala. Organ-organ kesimbangan kita terdapat pada sistem vestibuler yang dekat dengan sistem pendengaran dan pada otak kecil kita, yang bila terangsang atau terganggu akan menimbulkan vertigo tersebut.

      Pada gangguan pendengaran akibat infeksi atau radang pada saat flu atau penyakit lainnya dapat merangsang timbulnya vertigo juga. Selain itu wwanita yang premenopause, maka vertigo merupakan salah satu keluhan yang paling sering, dan ini disebabkan oleh ketidakseimbangan dari hormon wanita pada usia tersebut. Wanita pada fase premenopause adalah merupakan pada keadaan yang sangat tidak nyaman dimana pada saat itu hormon memasuki fase perubahan yang sangat besar dan menimbulkan gejala-gejala yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

      Saya tidak mengetahui dengan spesifik mengenai tatalaksana premenopause atau menjelang menopause, mungkin dokter ahli kandungan subspesialisasi hormon memiliki pengetahuan lebih baik mengenai hal ini. Beberapa pilihan terapi adalah pemberian hormon dari luar, pemberian hormonal herbal (fitohormonal) atau terapi adaptasi. Saya sangat menyarankan ibu berkonsultasi ke dokter kandungan untuk masalah ini. Begitu juga dengan buah-buahan yang cocok untuk meringankan gejala ini. Sedangkan untuk vertigo, saya belum pernah membaca buah-buahan yang spesifik untuk mengatasinya, Cara yang paling efektif tetap dengan obat-obatan pengurang gejala vertigo.

      Kesimpulannya dari saya bahwa pada saat ini yang penting adalah ibu mengatasi masalah ketidakseimbangan hormonal pada fase premenopause ini. Biasanya bila telah diatasi maka gejala vertigo akan berkurang bahkan menghilang.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu ibu.
      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RS RAWALUMBU Bekasi
      5. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta.

    1. Bapak Rifky yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya karena baru dapat membalas tulisan bapak saat ini.

      Sakit kepala merupakan keluhan yang tersering yang dialami oleh setiap manusia dengan penyebabnya juga sangat bervariasi. Penyebabnya dapat berasal dari dalam kepala (seperti kasus tumor. perdarahan otak, radang otak, kista otak dan lain-lain) atau yang berasal dari luar kepala seperti penyakit tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol yang tinggi, obesitas dan lain-lain.

      Untuk kasus anda yang menderita sakit kepala tiada hentinya, maka kita harus mulai waspada akan kemungkinan suatu penyebab yang tidak dapat dianggap remeh. Segeralah berobat ke dokter saraf untuk ditelusuri kemungkinan penyebab sakit kepala yang anda alami. Lakukan pemeriksaan CT Scan atau MRI kepala untuk mengetahui adanya kelainan di dalam kepala. Dapatkan obat sakit kepala yang baik dan benar sehingga anda tidak akan mengalami penderitaan sakit kepala yang berkepanjangan. Nyeri yang berkepanjangan dapat memberikan efek yang buruk pada kesehatan tubuh.

      Demikian dulu dari saya, semoga saya dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya
      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta
      5. RS RAWALUMBU Bekasi
      6. RS JAKARTA HEART CENTER (JHC) –> coming soon

  2. Saya ikha umur saya 28 thn. Keluhan saya,saya merasa 2 hari ini Kepala terasa pusing berputar2, mual, keringatan dan mata rasanya berat, apakah ini termasuk penyakit vertigo? Dan apakah penyakit ini berbahaya?
    Terimah kasih sebelumya Bu…

    1. Ikha yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya karena baru dapat membalas tulisan anda saat ini dikarenakan kesibukan yang tak dapat saya tinggalkan.

      Gejala-gejala yang anda alami bisa jadi merupakan vertigo. Keluhan sakit kepala yang berputar, baik anda yang merasa berputar terhadap dunia atau dunia yang berputar mengelilingi anda adalah merupakan gejala spesifik vertigo. Namun beberapa jenis sakit kepala yang lain juga bisa memiliki gejala yang serupa. Karena begitu bervariasinya dan banyaknya gejala-gejala sakit kepala, sulit sekali untuk mendiferensiasi jenis sakit kepala apa yang anda rasakan.

      Keluhan mual, keringatan dan mata terasa berat merupakan gejala yang sering menyertai sakit kepala yang berat. Gejala ini bisa merupakan sebagai respon tubuh terhadap gangguan sistem keseimbangan tubuh atau bisa juga merupakan respon otonom tubuh sebagai akibat hal lain yang juga menjadi penyebab sakit kepala, seperti kekurangan zat gula (hipoglikemia), tekanan darah rendah (hipotensi) atau respon terhadap suhu yang ekstrim.

      Penyakit-penyakit sakit kepala seperti ini atau juga vertigo sangat banyak. Memang tidak berbahaya, namun sangat mengganggu. Sehingga harus segera dikontrol atau diatasi. Obat-obatan pereda sakit kepala yang tepat dapat mengatasi rasa sakit kepala tersebut. tetapi yang lebih oenting adalah faktor penyebabnya harus segera diatasi dan dihindari.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC) Jakarta
      4. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      5. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      6. RS. DHARMAIS Jakarta.

  3. Dok..saya mengalami kepala saya terasa berptar kencang, setiap saya baru melakukan aktifitas (duduk, tdr, apapun yang berhubungan dgn menggerakan kepala dan putaranya bs berlangsung kurang lebih 10 detik, setelah terasa berputar kepala rasanya nut nutan..kira-kira ini jenis vertigo apa dok?

    1. Ibu Une yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya karena baru dapat memalas tulisan ibu saat ini dikarenakan kesibukan yang tidak dapat saya tinggalkan.

      Vertigo sangat banyak variasinya dan pembagian klasifikasinya juga terdiri dari beberapa bagian. Ada vertigo yang bersifat sentral atau perifer. Ada vertigo yang dirasakan dimana badan berputar terhadap dunia dan ada yang merasa dunia berputar terhadap badan kita.

      Yang penting pada kasus vertigo adalah mencari kira-kira penyebabnya apa, dan hal ini tidak mudah. Hormonal, gangguan kadar gula darah, gangguan tekanan darah, kelainan pembuluh darah hingga tumor otak dapat menjadi penyebab vertigo. Bila tidsk ditangani dengan benar maka keluhan akan berlangsung terus menerus dan hal ini akan sangat mengganggu aktifitas anda. Pendekatan secara mendalam dan penelusuran dengan seksama mungkin dapat menemukan penyebab vertigo anda. Pemberian obat-obatan atau terapi yang benar merupakan hal yang penting pula.

      Dari cerita anda tentang aktifitas yang anda lakukan yang kemudian memunculkan vertigo tampaknya masalahnya ada pada sistem keseimbangan yang berada di dekat organ pendengaran anda. Pusat keseimbangan ini bentuknya seperti labirin dan berfungsi untuk medneteksi perubahan posisi tubuh. Bila dalam keadaan tertentu sehingga labirin ini menjadi hipersensitif atau teriritasi maka keluhan vertigo akan muncul.

      Saya menyarankan anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis saraf atau dokter spesialis THT untuk mendapatkan terapi yang paling baik.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Dokter Spesialis Bedah Saraf (Neurosurgeon) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. Jakarta Heart Center (JHC)
      4. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      5. RS. DHARMAIS Jakarta

Bagaimana menurut anda, ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s