Indahnya otak kita…….

Otak…..dikatakan sebagai salah satu organ vital di tubuh kita yang memegang peranan penting dalam pengaturan seluruh sistem dan fungsi tubuh manusia. Tapi apakah itu saja mengenai otak? Apa keistimewaan otak dibandingkan organ lain….?

Sebelum menekuni pendidikan kedokteran, saya tidak mengetahui sama sekali tentang otak. Setelah mengenyam pendidikan bedah saraf, saya masih tidak mengerti sepenuhnya tentang otak manusia. Otak terdiri dari sel-sel saraf dan sel-sel penunjang saraf. Semuanya dihubungkan dengan serabut-serabut asosiasi sehingga dapat menimbulkan suatu mekanisme kerja yang serasi dan berkelanjutan.

Bagaimana kita dapat mencium hal yang berbau harum dapat membuat kita senang, bagaimana kita dapat mendengar suara musik yang hebat dapat memberi kita semangat, bagaimana seorang artis dapat bermain piano begitu hebatnya, bagaimana seorang atlit dapat mengkoordinasikan tubuhnya dengan baik dan lain-lain adalah karena kinerja otak yang begitu hebat.

Tapi tahukah kita bahwa semua fungsi tubuh yang kita lakukan setiap hari itu hanya diatur oleh sebagian kecil sel-sel otak? Tahukan bahwa walau otak kita dibuang setengah, kita masih bisa bekerja dan hidup seperti orang normal? Tahukah bayi yang lahir dengan penyakit “hidrosefalus” (penyakit dimana isi kepala sebagian besar adalah cairan otak dan sel-sel otak gagal tumbuh) tapi bila ditangani segera dapat tumbuh menjadi anak normal, menjadi mahasiswa dan pianis hebat?

Jadi sebenarnya apa fungsi-fungsi otak yang lain? Bagian mana dari otak yang mengatur fungsi-fungsi tersebut? Sejauh mana kerusakan otak yang membuat semua fungsi hilang? Semuanya masih menjadi rahasia dan misteri otak kita yang amat indah itu……

Iklan

Bagaimana menurut anda, ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s