Dukungan Jepang untuk pengembangan “Endovascular Neurosurgery” di Indonesia

With Prof. Matsumaru and Ms Atsuko Kato from JCMT at Tangkuban Perahu

Japan Council for Medical Training (JCMT) dan Toranomon Hospital, Tokyo, Jepang, memberikan dukungannya kepada bedah saraf Indonesia untuk pengembangan ilmu dan teknik endovaskuler (neuro-intervensi), yaitu suatu teknik terapi minimal invasive berbagai kasus kelainan pembuluh darah maupun kelainan-kelainan lain pada otak dan sistem saraf lainnya. Melalui teknik ini, dengan menggunakan akses langsung dalam pembuluh darah, maka sebuah kateter kecil dapat memberikan terapi pada kelainan di otak dan saraf tulang belakang. Karena tindakan ini tidak memerlukan pembedahan maka lama perawatan dan efek samping juga dapat ditekan.

Perwakilan JCMT Jepang, Ms. Atsuko Kato datang bersama seorang guru besar ahli endovaskuler dari Toranomon Hospital, Tokyo, Jepang, Professor Yuji Matsumaru mengadakan kunjungan ke Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM selama 5 hari dimana pada kesempatan itu, mereka dapat melihat sejauh mana perkembangan endovaskuler bedah saraf di Indonesia. Menurut mereka, kemajuan bedah saraf dalam bidang endovaskuler sudah lebih baik namun perbaikan-perbaikan dan pengembangan harus terus dilakukan untuk mencapai pelayanan yang sesempurna mungkin. Diharapkan dalam 2 tahun ke depan, endovaskuler bedah saraf sudah semakin maju dan dapat memberikan pelayanan seluas mungkin kepada seluruh bangsa Indonesia.

Saya sebagai murid langsung dari Professor Yuki Matsumaru, mengucapkan terima kasih yang sebesarnya atas seluruh dukungan dan bantuan yang telah beliau berikan, baik kepada saya sendiri maupun untuk kemajuan ilmu ini di Indonesia.

Iklan

2 thoughts on “Dukungan Jepang untuk pengembangan “Endovascular Neurosurgery” di Indonesia”

    1. dr. Aditya yang terhormat,
      Yang saya tulis dalam blog saya ini adalah hasil pemikiran dan pembelajaran saya sendiri. Saya memang sering berdiskusi dengan banyak orang dan para ahli di bidangnya untuk membuat tulisan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk, namun semuanya adalah hasil karya saya sendiri.

      Ucapan terima kasih adalah dari saya pribadi karena pihak Jepang telah banyak membantu untuk kemajuan pengetahuan dan ketrampilan diri saya.

      Sebagai tambahan, saya mengajak dr. Aditya untuk memberikan kontribusi dan tulisan ke dalam blog saya karena saya kenal dan tahu dr, Aditya sebagai dokter yang baik.
      Terima kasih untuk komentarnya.

      Dokter Andra

Bagaimana menurut anda, ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s