Hindu Ritual, India Photograph by Arun Saji, National Geographic Your Shot This Month in Photo of the Day: Travel Photos This image was taken during the Hindu religious ritual known as Theyyam.

Nyeri wajah sesisi yang membingungkan pada “Trigeminal Neuralgia”

Seorang teman membawa salah seorang anggota keluarganya untuk menemui saya dengan suatu keluhan yang sangat mengganggu dan sudah lama dideritanya. Anggota keluarga tersebut adalah seorang wanita usia sekitar 50-an yang mengeluh merasakan nyeri yang tidak nyaman pada sisi kanan wajahnya. Nyeri ini sudah berlangsung sejak 8 bulan sebelumnya dan nyeri ini bersifat hilang timbul progresif. Nyeri tersebut kadang dirasakan pada daerah pelipis kanan, kadang pada pipoi sebelah kanan, kadang di rahang kanan atau di belakang telinga kanan. Yang mencengangkan adalah pasien sudah menemui banyak dokter dari berbagai bidang spesialis mulai dari dokter saraf, dokter penyakit dalam maupun dokter gigi. Pasien selama ini divonis menderita migren, dan bahkan sakit gigi. Berulang kali pasien diberikan berbagai obat anti nyeri kepala dan pemeriksaan gigi untuk masalah nyerinya tersebut. Pasien bahkan telah mengorbankan dua buah giginya yang telah dicabut karena diduga sebagai penyebab nyeri yang dialaminya.

Namun setelah mengalami semua hal di atas, nyeri tak kunjung reda dan bahkan semakin memberat. Pada serangan yang berat, hembusan angin ringan saja ke sisi wajah yang sakit akan dirasakan sebagai suatu nyeri yang sangat hebat, seperti ditampar atau seperti wajah ini dibakar. Pasien hingga berteriak-teriak dan menangis karena menahan nyeri.

Dari gejala-gejala di atas, saya sudah menduga bahwa pasien mengalami suatu penyakit yang disebut dengan “Trigeminal neuralgia”, yaitu suatu penyakit dimana saraf kranial yang bertanggung jawab untuk sensasi daerah wajah (saraf ke V atau disebut juga dengan saraf trigeminal) mengalami iritasi atau kompresi oleh struktur lain di otak khususnya pembuluh darah di otak. Terdapat dua saraf trigeminal pada setiap manusia yang bertanggung jawab pada sensasi masing-masing sisi wajah, dimana iritasi pada salah satunya akan muncul sebagai suatu nyeri yang hebat pada wajah sesuai sisinya. Nyeri tersebut dirasakan berulang dan hilang timbul dikarenakan saraf mengalami jepitan dan iritasi fluktuatif berdasarkan denyutan pembuluh darah yang menjempitnya.

Saya kemudian memintakan pemeriksaan MRI kepala dan hasilnya mengkonfirmasi adanya jepitan saraf trigeminal tersebut oleh pembuluh darah otak. Pasien kemudian saya anjurkan untuk operasi untuk melepaskan jepitan saraf tersebut. Pasien yang sudah mengalami nyeri yang begitu hebat dalam waktu yang lama langsung menyetujui tindakan operatif tersebut. Operasi pun dilakukan dan pasca operasi, pasien mulai merasakan bebas dari nyeri. Pasien merasakan kelegaan luar biasa walau masih sedikit dibantu dengan obat-obatan penghilamng rasa nyeri. Perlahan-lahan, nyeri di wajah menghilang.

Fenomena nyeri pada wajah sering membingungkan dan kompleks dikarenakan begitu banyak struktur dan organ di wajah dan kepala. Suatu penyakit trigeminal neuralgia dapat diduga sebagai suatu penyakit migren atau bahkan sakit gigi, yang diterapi tanpa memberikan hasil yang berarti. Tindakan operatif biasanya dapat menghilangkan rasa nyeri yang sangat mengganggu tersebut.

Trigeminal neuralgia
Iklan

107 thoughts on “Nyeri wajah sesisi yang membingungkan pada “Trigeminal Neuralgia””

  1. kakak ipar saya mengalami gejala seperti penyakit trigeminal neuralgia..nyeri seperti tertusuk jarum di muka sebelah kanan..saat ini sedang dalam perawatan di salah satu RS di Yogyakarta…tapi dokter diyogya belum mengetahui penyakitya..saudara saya sudah di CT SCAN dan MRI tapi kata dokter disana belum diketahui sebabnya..saya mohon saran nya apakah yang harus saya lakukan..kalo saya mau konsul ke Dr Andra saya harus temui dimana

    1. Bapak Heru yang terhormat….
      Seeprtinya dari gejala-gejala yang kakak ipar bapak Heru alami memang menunjukkan suatu Trigeminal neuralgia.
      Gejala nyeri trigeminal neurlagia memang spesifik dan melibatkan salah satu sisi wajah saja.

      Pemeriksaan MRI kadang dapat membantu menunjukkan suatu kompresi saraf trigeminal pada Trigeminal neuralgia apabila potongan gambarnya dilakukan secara tepat dan tipis. Biasanya akan terlihat pembuluh darah otak yang menekan saraf trigeminal terkait.

      Bolehkah saya mengetahui saat ini kakak ipar bapak mendapatkan pengobatan apa…??? Obat apa yang diberikan…??
      Apakah terdapat rasa nyaman setelah mendapatkan pengobatan….??
      Pengobatan anti nyeri yang biasa kadang tidak dapat menyembuhkan nyeri pada trigeminal neuralgia.

      Saya saat ini masih bertugas di RS Ciptomangunkusumo jakarta (RSCM). Saya selalu berada di RSCM setiap hari kerja pada jam 9-11.

      Terima kasih sudah membaca blog saya.

      Terima kasih
      Dokter Andra

  2. Salam hormat dr Andra

    Kakak saya divonis menderita trigeminal neuralgia sejak 3 bln yg lalu, 1 bulan belakangan sakitnya semakin sering, dokter menyarankan untuk tindakan operasi. yang ingin saya tanyakan adalah apa saja resiko2 yg dpt ditimbulkan pasca operasi tsb. dan apakah setelah operasi suatu saat ada kemungkinan penyakit ini timbul kembali.

    Atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih.
    Lisa

    1. Ibu Lisa yang terhormat,
      terima kasih sudah menulis di blog saya.

      Operasi untuk trigeminal neuralgia disebut dengan “Microvascular decompression” (MVD). Tindakannya berupa melepaskan perlengketan/penekanan saraf trigeminal dengan pembuluh darah otak. Kemudian untuk mencegah perlengketan dan penekanan selanjutnya oleh pembuluh darah tersebut, maka diselipkan teflon khusus antara saraf trigeminal dengan pembuluh darah yg awalnya menekan. Oleh karena itu, sangat jarang kemungkinan nyeri nya akan muncul kembali, kecuali bila pelepasan perlengketan tidak sempurna atau saraf trigeminal sudah rusak permanen.

      Resiko yang mungkin terjadi akibat operasi adalah kerusakan saraf trigeminal saat operasi, perdarahan akibat rupturnya pembuluh darah atau pembengkakan otak karena retraksi yang berlebihan. Selain itu infeksi saraf juga bisa menjadi salah satu komplikasi. Namun semua resiko komplikasi ini selalu diminimalisir dengan teknik operasi yang baik serta dengan menggunakan alat-alat canggih seperti mikroskop.

      Semoga dapat membantu anda.

      Hormat saya

      Dokter Andra

  3. dokter, suami saya, 30th, sudah 3 mggu ini sakit pd gigi tp sudah periksa tyt tdk ada krusakan. Satu minggu terakhir kalo malam jam 10 dan jam 2 pagi sering senut2 tak tertahan hingga 1 ato 2 jam. Kemudian periksa k dokter syaraf dan dkatakan mendrita tn dan diberi obat ketesse, meconeuro dan ganin. Setelah minum obat selama 2 hari rasa sakit y hebat tdk terasa masih senut2. Setelah 2 hr kembali rasa sakit y hebat muncul lg. Dulu 4 th y lalu pernah kejadian mirip tp rasa sakitnya agak berbeda dan berobat k dr syaraf akhirnya sembuh. Apakah benar suami saya terkena trigeminal neuralgi dok? Karena y saya baca pada kasus TN rasa sakit y timbul hanya kurang dr semenit dan umumnya menyerang usia diatas 50? Terima kasih

    1. Ibu Hapit yang terhormat,
      terima kasih sudah mengisi di blog saya.

      Nyeri pada daerah wajah yang sesisi dapat disebabkan oleh banyak penyakit sehingga diperlukan pemeriksaan yang optimal untuk menentukan kelainan sesungguhnya. Pada suami ibu sudah dikonfirmasi bahwa tidak memiliki masalah dengan gigi. Selain itu dengan berobat ke dokter saraf, nyeri yang dirasakan berkurang (akibat konsumsi obat-obatan yang diberikan dokter saraf). Dari data diatas saya menganggap kemungkinan besar suami ibu memang mengalami trigeminal neuralgia.
      Satu hal yang perlu diketahui bahwa durasi nyeri yang singkat serta karakteristik nyeri yang luar biasa dan seperti ditusuk-tusuk pada wajah sesisi adalah yang paling sering ditemukan pada penderita trigeminal neuralgia. Namun bukan berarti bentuk nyeri yang lain atau durasi yang lebih panjang menutup kemungkinan suatu trigeminal neuralgia. Untuk masalah usia, memang paling sering ditemukan pada usia di atas 50 tahun. Namun saat ini penyakit-penyakit degeneratif yang biasanya menyerang orang usia lanjut sudah mulai menggerogoti usia muda. Seperti stroke yang sudah banyak terjadi pada orang-orang dengan usia di bawah 40 tahun, begitu juga dengan trigeminal neuralgia.
      Saran saya segera lakukan pemeriksaan pencitraan otak berupa MRI kepala/otak dengan potongan tipis untuk memastikan ada tidaknya jepitan saraf pada trigeminal neuralgia.
      Protokol pengobatan trigeminal neuralgia yang pertama adalah dengan medikamentosa (obat-obatan). Namun bila obat-obatan tidak menyembuhkan maka tindakan operatif perlu diambil untuk mengatasi masalah ini. Biasanya dengan tindakan operatif, gejalanya akan sangat berkurang bahkan menghilang.

      Demikian dari saya, semoga dapat membantu ibu.

      Hormat saya

      Dokter Andra

  4. Halo, dok.
    Saya mw bertanya. mengenai sakit di wajah saya. apa terdapat hubungan ya dengan syaraf ke otak? karena klo saya pegang di salah satu bagian otak saya di sebelah kiri belakang terdapat benjolan n klo di tekan akan terasa sakit. tapi klo dibiarkan tidak terasa sakit apa2. nah sekarang ini saya baru merasakan pertama kali sakit diantara pipi sebelah kiri dan hidung. klo dibiarkan tidak terasa sakit apa2, tapi klo ditekan baru terasa sakit.
    Mohon bantuan diagnosa nya ya..

    Trims banyak, Dok.

    1. Terima kasih sudah mengisi di blog saya. Saya bingung harus memanggil bapak/ibu dengan nama apa.

      Nyeri pada benjolan di belakang kepala pada saat ditekan dan menghilang bila tidak ditekan, serta nyeri di pipi sebelah kiri yang juga muncul bila ditekan bukan ciri-ciri gejala trigeminal neuralgia. Pada dasarnya semua rasa nyeri di tubuh kita karena rangsangan pada saraf nyeri di permukaan kulit kita. Namun untuk gejala yang bapak/ibu alami masih belum dapat ditentukan secara spesifik.

      Benjolan di belakang kepala yang nyeri bila disentuh bisa saja merupakan suatu tumor jaringan lunak seperti lipoma, fibroma atau kista aterom. Adanya massa tersebut akan memberikan rangsangan kepada saraf nyeri kulit di daerah tersebut. Begitu juga dengan yang anda rasakan di pipi sebelah kiri. Masih banyak kemungkinan diagnosis yang bisa ditegakkan untuk keluhan itu, seperti sinusitis, atau radang lainnya.

      Apakah bapak/ibu sudah mencoba mengurangi nyeri dengan minum obat anti nyeri? Bila iya, apakah sudah berkurang?
      Untuk benjolan di belakang kepala, saya sangat menyarankan agar diangkat saja agar diketahui apa sebenarnya benjolan itu. Selain itu setelah benjolan diangkat maka nyerinya akan berkurang atau menghilang.

      Demikian menurut pendapat saya. Semoga dapat membantu.

      Dokter Andra

      1. Owh, maap Dok tidak memberikan identitas dengan jelas. Saya cowok koq Dok. Saya msh blm pernah minum obat ataupun ke dokter. bahkan untuk pengangkatan itu saya tadinya berencana untuk melakukan CT Scan terlebih dahulu agar diketahui lebih jelas apakah yg terdapat di otak saya. moga aja bukan sesuatu yg terlalu berbahaya. saya juga masih mikir2 dok karena saya bukan dari kalangan yang berduit sehingga bwt CT Scan aja saya masih harus itung2.hihi.. maap jd curhat gini. Hmm.. Berarti sebaiknya saya secepatnya untuk melakukan check up soal benjolan di otak terlebih dahulu y, dok?

      2. Saya setuju sekali bapak lebih cepat mmeriksakan benjolan di kepala. Umumnya benjolan atau tumor di otak itu cenderung jinak. Namun bila ditelantarkan terlalu lama bukan tidak mungkin akan menjadi ganas atau menjadi lebih sulit diangkat.
        Semoga berhasil.

        Dokter Andra

  5. Dokter yth,
    Saya menderita penyakit dengan gejala yang sama dengan TN, pipi dan gusi saya nyeri seperti ditusuk dan seperti kesetrum apabila saya bicara, makan dan gosok gigi. Umur saya 56 th. Kira-kira 6 bulan yl. sesuai dengan saran dokter syaraf, saya periksa MRI dengan hasil sbb :
    Septum nasi ditengah, concha nasalis kanan kiri tidak menebal. Tampak hiperintensitas signal air cell mastoid kanan. Sinus paranasalis serta air cell mastoid kiri normal. Bulbus oculi, Nn optici serta lemak retrobulber kiri normal. Canalis acousticus internus kanan kiri normal. Jaringan infratentorium : Tampak looping vascular A basilaris ke kiri menekan N V kiri. Pons, kedua serebellum serta ventrikel IV normal. Jaringan supratentorium : sulci dan sistema sistem normal. Ventrikel lateralis kanan kiri dan VIII normal, tidak tampak distorsi midline. Tampak bercak hiperintens ukuran 2 X 1 cm di subcortical paraventrikuler kanan disertai fokus hiperintens kecil. Dengan teknik diffusion tidak tampak infrak hiperakut.
    MRA : A carotis interna kanan kiri normal. A vertebralis kanan kiri serta Abasilaris normal. A cerebri anterior, media serta posterior kanan kiri normal. A communicans anterior, posterior normal, tidak tampak AVM maupun aneurysma. Kesan : Iskemik subcortical frontoparietalis kanan. DD/infrak Suspect indentasi vascular N V kiri Mastoiditis dextra.
    Selanjutnya dilakukan tindakan DSA Angiografi, tapi penyakit saya belum sembuh juga. Lalu saya diberi obat Liryca Pregabalin selama kurang lebih 3 minggu dan sembuh. Sekarang ini, sudah 2 bulan penyakit saya kambuh lagi, meskipun tidak separah yang dulu dan saya minum Liryca pregabalin lagi, namun belum sembuh juga. Mengapa penyakit saya bisa kambuh lagi? Mengapa saya minum Liryca Pregabalin kok tidak mempan? Apa yang harus saya lakukan?

    1. Herning yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Mohon maaf saya baru bisa membalas saat ini.

      Dari gejala yang anda rasakan dan deskripsi pemeriksaan penunjang yang anda ceritakan, sepertinya anda positif mengalami trigeminal neuralgia. Berdasarkan expertise MRI anda, diketahui a.basilaris menekan nervus trigeminalis. Namun semua tindakan MRI, MRA dan DSA Angiografi hanyalah suatu tindakan yang bersifat diagnostik. Dari semua pemeriksaan canggih itu dapat dipastikan anda mengalami trigeminal neuralgia.

      Dengan pengobatan Liryca Pregabalin anda merasa lebih baikan, hal ini memang sesuai dengan protokol pengobatan trigeminal neuralgia bahwa memang trigeminal neuralgia harus dicoba diobati secara medikamentosa dahulu sebelum merencanakan operasi. Bila dengan pengobatan gejala membaik, maka tidak perlu suatu tindakan lanjutan. Namun bila gejala berulang dan kemudian tidak dapat dikendalikan lagi dengan obat-obatan maka tindakan operatif memang harus diambil. Hal ini dikarenakan saraf trigeminal anda sudah terjepit begitu hebatnya sehingga hanya tindakan melepas jepitan yang bisa meredakan nyeri. Liryca pregabalin hanya berfungsi sebagai anti nyeri. Dahulu karena jepitan relatif tidak berat, maka dengan obat ini nyeri akan berkurang. Namun sayangnya pada diri anda jepitannya bertambah hebat dan iritasi saraf juga bertambah.

      Saran saya anda harus mempertimbangkan untuk dilakukan tindakan operasi melepas jepitan tersebut. Bila tertunda dan nyeri semakin hebat, maka kemungkinan pemulihan juga akan semakin kecil. Nyeri tersebut akan membuat anda sangat tersiksa dan tidak nyaman. Ayo, segeralah mendapatkan terapi yang adekuat.
      Demikian dari saya. Semoga dapat membantu.

      Hormat Saya

      Dokter Andra

  6. Dokter Andra yang terhormat,
    ayah saya (51thn) terkena tn. kurang lebih sudah setahun terkenanya. awalnya diberikan obat trileptal dan liryca, selain itu juga rajin tusuk jarum, penyakitnya sembuh. rasa nyeri yg biasanya dtg setiap menit ga pernah dtg lagi. smp kira” 2 bulan lalu, penyakitnya kambuh lagi, tpi yg sekarang sepertinya lebih ‘dahsyat’ sakitnya. tusuk jarum hampir setiap hari, sama minum trileptal, tapi ttp aja rasa nyerinya dtg. sempet ikut terapi semacam pengobatan alternatif, yg ada rasa sakitnya semakin kuat. smp hari ini ke rumah sakit (periksa ke 3xnya) setelah diperiksa dan trnyata obat minumnya itu sudah tidak mempan, akhirnya di saranin lah utk di ‘block’ syaraf yg nyeri itu. pertanyaan saya, dengan di block itu, apakah nyeri nya bisa hilang? perbedan tindakan block dengan operasi apa ya dok? terimakasih sebelumnya..

    1. Ibu Nessia yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sepertinya ayah anda mengalami trigeminal neuralgia yang sudah refrakter, maksudnya sudah tidak dapat diterapi dengan obat-obatan. Hal ini sering terjadi dan merupakan perjalanan penyakit yang wajar pada Trigeminal neuralgia. Biasanya kita dokter bedah saraf memberikan saran pertama pada seseorang yang memiliki penyakit trigeminal neuralgia untuk diterapi dengan obat-obatan dahulu. Bila ada perbaikan maka obat-obatan diteruskan dan tidak diperlukan operasi. Namun bila terjadi trigeminal neuralgia yang refrakter makan tindakan yang lebih invasif mungkin diperlukan.

      Tindakan invasif untuk trigeminal neuralgia terdiri dari dua, yaitu blok saraf atau operasi pelepasan jepitan saraf tersebut. Untuk lebih jelas akan saya paparkan berikut :

      1. Blok Saraf atau yang sering disebut dengan istilah medis berupa PRGR (Percutaneus Retrogasserian Rhizotomy) adalah tindakan menyuntikkan suatu zat yang disebut gliserol ke saraf yang mengatur rasa nyeri atau yang menerima sensasi nyeri pada trigeminal neuralgia tersebut. Injeksi zat tersebut untuk memblok saraf dilakukan melalui wajah (pipi) sesuai dengan sisi nyeri. Tindakan ini dilakukan dengan bantuan alat pencitraan berupa fluoroskopi yang digunakan untuk melihat struktur tulang di dalam kepala dimana saraf itu bersandar. Tindakan ini harus dibantu dengan alat pencitraan tersebut karena tanpa bimbingan alat tersebut maka sangat sulit mencari lokasi saraf yang tepat dan membahayakan cedera saraf yang lain. Dengan tindakan blok saraf ini maka nyeri dapat hilang atau berkurang.

      Keuntungan : Tindakan relatif sedikit invasif dan tidak terlalu lama. Pasien dapat pulang pada hari itu atau keesokan harinya juga pasca tindakan.
      Kerugian : Kemungkinan nyerinya muncul kembali sangat besar. Hal ini terjadi karena saraf yang di blok mendapatkan sensasinya kembali pasca blok. Biasany nyeri dapat muncul kembali pada 1 sampai 3 bulan pasca tindakan. Bila ini terjadi maka perlu dilakukan blok saraf ulang atau secara periodik.

      2. Tindakan operasi melepaskan jepitan pada saraf atau yang secara medis disebut MVD (Microvascular decompression) adalah tindakan operasi yang dilakukan untuk melepaskan jepitan pada saraf sensasi yang menyebabkan rasa nyeri pada trigeminal neuralgia. Jepitan pada saraf tersebut umumnya disebabkan oleh adanya pembuluh darah otak yang menmpel pada saraf dan kemudian menekan saraf. Tindakan ini akan melepaskan dan memisahkan saraf dari pembuluh darah tersebut.

      Keuntungan : Tindakan ini adalah tindakan definitif untuk trigeminal neuralgia. Artinya setelah tindakan ini nyeri akan menghilang dan berkurang dan kemungkinan untuk muncul kembali sangat kecil. Sehingga dapat dikatakan angka kurabilitas/penyebuhannya sangat baik.
      Kerugian : Tindakan ini walau dilakukan dengan teknik mikro dan menggunakan alat-alat canggih seperti mikroskop namun tetap saja dianggap cukup invasuf karena dokter bedah saraf harus membuka sedikit tulang kepala dan sedikit meretraksi otak. Dengan teknik yang baik dan alat-alat yang cukup, tindakan ini aman dilakukan. Pasca tindakan biasanya pasien perlu dirawat selama 3 sampai 5 hari di rumah sakit.

      Demikian dari saya, semoga dapat menambah informasi bagi ibu. Semoga dibrikan kesembuhan dan kebaikan bagi ayah anda.
      Terima kasih.

      Hormat Saya
      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon / Neuro-interventionist
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com

      Praktek :
      1. RS MEDISTRA Jakarta (Kamis dan Sabtu, jam 18.00 s/d 20.00)
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta (Senin, Rabu dan Jumat, jam 18.00 s/d 20.00)
      3. RSCM / RSCM Kencana Jakarta (Senin s/d Jumat, jam 10.00 s/d 12.00)

  7. terimakasih ya dok sudah menjawab pertanyaan saya. kebetulan dokter yg menyarankan ayah saya untuk di block 1 rumah sakit dengan tempat dokter andra praktek. menurut dokter nya ayah saya, yg melakukan block syaraf adalah dokter ahli yg sedang berada di indo, krna biasanya beliau tinggal di luar negeri.

    berarti kemungkinan datangnya rasa nyeri itu ttp ada ya dok? dengan kata lain bisa dilakukan block untuk kedua, ketiga, dst?
    kemudian untuk operasi, sepertinya tidak memungkinkan karena ayah saya sudah menutup rapat-rapat kupingnya untuk kata” operasi, apalagi harus ada membuka sedikit tulang kepala.
    apa tidak ada jalan lain selain block dan operasi ya dok? terimakasih..

    1. Ibu Nessia yang terhormat

      Di rumah sakit tempat saya praktek? Maaf, boleh saya tahu dokter bedah sarafnya siapa ya?

      Bila dilakukan terapi dengan blok saraf maka ada kemungkinan nyerinya akan muncul kembali sehingga diperkukan tindakan blok saraf secara berulang atau secara periodikal. Namun bisa juga nyerinya hilang secara permanen namun hal ini cukup jarang terjadi.
      Dan sampai saat ini, selain dengan pengobatan obat-obatan yang diminum, belum ada pengobatan trigeminal neuralgia yang lain selain dengan blok saraf atau operasi pelepasan jepitan saraf.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com

  8. agak kurang enak saya menyebutkan namanya dok 🙂
    blok saraf nya sudah dilakukan sabtu kemarin. tetapi sampai skrg masii suka kambuh rasa nyerinya. apakah dengan blok ini hanya menurunkan intensitas datangnya nyeri, atau langsung bisa hilang sama sekali nyerinya?
    lalu untuk tindakan operasi, tindakan yang dilakukan apakah hanya bisa dilakukan dengan membuka sedikit tulang kepala, atau bisa lewat pipi?
    terimakasih sebelumnya dok..

    1. Ibu Ines yang terhormat

      Menurut pengalaman saya, biasanya bila blok saraf dilakukan dengan benar dan lokasinya tepat maka minimal nyerinya akan berkurang. Memang jarang sekali yang langsung hilang nyeri tersebut pasca blok saraf tapi setidaknya berkurang.
      Tindakan yang melalui pipi adalah blok saraf tersebut, itu yang biasa saya lakukan atau ahli bedah saraf lainnya. Sedangkan untuk tindakan operasi maka harus dibuka tulang kepala (walau tidak terlalu besar), tepatnya bagian tulang di belakang telinga sesuai dengan sisi nyeri. Karena melalui daerah tersebut akses yang termudah dan terdekat menuju saraf yang sakit.

      N.B. Maaf saya baru balas saat ini karena kesibukan saya kemarin-kemarin. Salam untuk ibu Marfuah. Saya juga sudah mendengar cerita dari ibu Marfuah tentang tindakan blok yang dilakukan di RS Medistra oleh dokter xxxx…

      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon

  9. iya dok, makasii yang udah mau denger konsul saya lewat Bu Marfu juga 😀

    ayah saya sampe skrg nyeri nya masii blm hilang dok.
    intensitas kambuhnya berkurang, tpi kecil sekali berkurangnya dok.
    kira” itu memang penyakitnya yang sudah parah atau gimana ya dok?

    1. Bisa dianggap bahwa penyakitnya sudah berkembang progresif sedemikian rupa sehingga tindakan-tindakan awal seperti pengobatan konservatif sudah tidak berguna lagi untuk tatalaksana nya. Ada kemungkinan bahkan tindakan blok saraf saja tidak cukup untuk mengatasi nyeri yang terjadi sehingga mungkin di saat ini saya juga terpaksa menyarankan tindakan operasi untuk mengatasinya. Namun semua pilihan terapi ada di tangan pasien dan keluarga. Kita hanya berusaha untuk memberikan pertolongan kepada pasien.

      Terima kasih

      Hprmat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)

  10. seperti nya pilihan itu akan dipertimbangkan dok, karena smp skrg sakitnya masii blm berkurang.
    atau perlu dilakukan tindakan block syaraf ulang ya?
    oiya dok, hasil MRI ayah saya (bagian kepala) itu tidak terlihat ada syaraf yg terjepit, apakah memang tidak ada atau harus dilakukan MRI yg lebih detail?
    terimakasih dokter..

    1. Biasanya dengan MRi potongan tipis atau MRI 1,5 tesla ke atas kita dapat melihat adanya jepitan saraf trigeminal oleh pembuluh darah. Kita harus menyampaikan permintaan khusus kepada dokter radiologi untuk memfokuskan pemeriksaan MRi pada saraf trigeminal.

      Pilihan terapi tergantung pasien dan keluarga. Blok saraf ulang boleh dan operasi juga boleh. Kita hanya berusaha untuk membantu.
      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)

  11. Dok, beberapa hari lalu saya merasakan nyeri pada area wajah sebelah kanan. Nyeri itu baru hilang setelah 2 hari. Selama nyeri berlangsung, tidak ada keluhan pada gigi dan gangguan penglihatan, semuanya normal, bahkan warna kulit di area yang nyeri pun normal. Apakah itu juga termasuk trigemina neuralgia? Tapi kenapa nyerinya baru hilang setelah 2 hari padahal menurut beberapa referensi yg saya baca, serangan nyeri pd kasus trigeminal neuralgia biasanya hanya berlangsung kurang dari satu menit. Hal ini sudah beberapa kali pernah saya alami, tetapi tidak sering, jarang sekali malah. Mohon penjelasannya, terima kasih dokter.

    1. Ibu heny yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin bertanya, apakah selama 2 hari itu nyerinya terus menerus dengan intensitas yang sama? Atau hilang timbul? Apakah ibu pernah merasakan keluhan seperti ini sebelumnya?

      Yang ibu baca adalah benar, memang trigeminal neuralgia biasanya serangan nyeri yang berlangsng singkat namun berulang-ulang. Tapi yang perlu diketahui juga bentuk varian dai trigeminal neuralgia juga ada. Bentuk nyeri pada trigeminal neuralgia bisa juga menetap dalam waktu yang cukup lama, namun kembali hal ini sangat jarang terjadi.

      Nyeri pada daerah wajah juga bisa disebabkan hal-hal lain. Infeksi virus tertenti, penyakit auto imun dan lain-lain dapat menjadi penyebab nyeri pada wajah, walau angka kejadiannya relatif jarang. Selain itu diperlukan gejala-gejala lainnya untuk membantu menegakkan diagnosis penyakit-penyakit tersebut.

      Apakah sekarang ibu masih merasakan nyeri nya? Saran saya bila ibu kemudian merasakan nyeri yang serupa kembali maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter saraf atau bedah saraf. Pemeriksaan pencitraan mungkin diperlukan seperti MRI kepala. Ada beberapa pemeriksaan lain juga yang dapat membantu mendiagnosis penyakit ibu misalnya pemeriksaan listrik saraf perifer di dalam kepala seperti (SSEP dan lain-lain).

      Demikian dulu dari saya, bila ibu memiliki pertanyaan lain, saya akan berusaha menjawabnya.
      Semoga dapat membantu ibu. Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM

      Praktek :
      1. RS MEDISTRA Jakarta (Kamis dan Sabtu, jam 18.00 s/d 20.00)
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta (Senin, Rabu dan Jumat, jam 18.00 s/d 20.00)
      3. RSCM / RSCM Kencana Jakarta (Senin s/d Jumat, jam 10.00 s/d 12.00)
      4. RS Islam Pondok Kopi Jakarta Timur (dengan perjanjian)

      1. Nah, saya merasakan nyeri itu tepatnya pada hari minggu lalu dok, seharian itu terus terasa nyeri dengan intensitas yang sama, baru kemudian keesokan harinya (Senin), rasa nyerinya baru berkurang. Ya, sebelumnya saya juga pernah mengalaminya dok, dan sama persis, nyeri baru hilang setelah 2 hari. Puji syukur sekarang sudah kembali normal. Terima kasih dok penjelasannya. Oia, sebagai tambahan informasi, saya masih berusia 20 tahun, apa usia juga mempengaruhi?

      2. Ibu Heny
        Usia tidak berpengaruh pada penyakit trigeminal neuralgia. Usia berapapun dapat mengalami penyakit ini. Memang usia di atas 50 tahun kemungkinan terjadinya lebih besar. Namun kembali, setiap usia dapat mengalami penyakit ini.

        Terima kasih.

        Dokter Andra

  12. dokter, maaf ya baru sempet mampir ke blog nya, kelupaan nama blog nya soalnya 😀
    makasii banyak ya dok, berkat pertolongan dokter ayah saya udah sembuh sekarang, mau aktivitas apapun juga udah enak. makasii banyak ya dok..

    oiya, minal aidzin wal faidzin ya dok, mohon maaf lahir bathin 🙂

  13. Pp q jg di diagnosa TN, sakitnya da 2th. Da b’obat sana-sini. Mnm obat tregetol sm ketesse, tp udah g mempan lg. Dokter memang menyarankan operasi. Prnh mnm jus tahitian noni, tp tidak jg ada perubahan. Skrg beliau sm sx g bs ngomong, makan, gosok gigi smp nangis. Pipi d sentuh dikit aja da ksakitan. Pernah ada riwayat stroke ptghn thn 2005 lalu. Klo ada tindakan operasi dgn riwayat stroke sblmnya, apakah beresiko y dok? D RS mana aja yg bisa melakukan tindakan operasi TN? Beliau tinggal d pekanbaru.. Terima kasih sblmnya atas penjelasan dokter..

    1. Ibu Elyana yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya karena baru bisa membalas saat ini berhubunga dengan kesibukan yang tidak bisa saya tinggalkan beberapa hari terakhir.

      Tampaknya gejala yang bapak anda alami memang menunjukkan kekhasan suatu trigeminal neuralgia, dan dengan riwayat seperti yang anda jelaskan maka tindakan operasi merupakan terapi yang paling tepat untuk bapak anda.

      Walau sudah pernah mengalami stroke sebelumnya, menurut saya dan pengalaman selama ini tidak menjadi suatu hambatan untuk operasi trigeminal neuralgia. Bahkan menurut saya operasi sebaiknya dilakukan lebih cepat karena kondisi trigeminal neuralgia mengakibatkan bapak anda dalam keadaan yang sangat nyeri dan tidak nyaman. Kondisi ini akan menaikkan tekanan darah beliau sehingga resiko stroke dapat terjadi kembali.
      Untuk memastikan kondisi beliau dalam keadaan baik, biasanya sebelum operasi kita akan memeriksa kondisi fisik beliau secara umum dan lengkap. Jika dipastikan bahwa fisik beliau cukup baik dan kuat untuk operasi maka barulah kita melakukan tindakan operasi.

      Operasi trigeminal neuralgia merupakan operasi yang besar dan kompleks yang memerlukan peralatan operasi yang kompleks dan canggih serta kamar operasi yang sesuai. Tidak banyak rumah sakit yang memiliki alat yang cukup lengkap untuk operasi ini. Untuk di daerah Pakanbaru, saya tidak memiliki informasi rumah sakit yang dapat melakukan tindakan operasi trigeminal neuralgia. Bila anda berkenan, dapat membawa ke rumah sakit saya di Jakarta (RSCM/RSCM kencana), karena di RSCM sudah cukup sering kita melakukan operasi trigeminal neuralgia dan alhamdulillah hasilnya selama ini baik.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu ibu dan bapak ibu. Semoga saya dapat membantu pengobatan bapak ibu.
      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RSCM / RSCM Kencana Jakarta
      4. RS Islam Pondok Kopi Jakarta

  14. Dokter, sy mau ty sdh 3 kali sy merasakn sakit di wajah sebelah kiri, ini bs berlangsung bbrp hari. Rasa sakitnya seperti di peras klo ditekan sakit. Malah mata berkedip ada rasa seperti diperas. Apkh ini termsk pyk neuralgia?

    1. Ibu Sinta yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin bertanya, apakah nyeri dirasakan terus menerus atau hilang timbul? Bila hilang timbul, pada keadaan apa nyeri itu timbul? Wajah sebelah kiri itu tepatnya dimana? Apakah di dahi, atau pipi atau dagu? Apakah dengan hembusan angin saja di wajah sudah merasakan nyeri? Selain di wajah, apakah ada rasa nyeri di tempat lain?

      Data-data ini sangat saya perlukan untuk mengetahui apakah anda mengalami penyakit trigeminal neuralgia. Alangkah lebih baik lagi bila ibu dapat bertemu dengan saya langsung untuk saya periksa dengan lengkap.

      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta
      4. RS Islam Pondok Kopi Jakarta

      1. Terimaksih buat kebaikan dokter tlh mbls email sy. Sakit yg dialami di daerah pipi ke arah mata dan nyerinya terus menerus sepanjang bbrp hari (tidak hilang timbul) Hr ke 4 mulai tak terasa. Klo kena angin terasa seperti diperas perih. Dan mata berkedip terasa nyeri. Dmkn penjelasan saya dokter. Terimakasih.

      2. Apakah ibu Sinta bisa menemui saya secara langsung? Saya ingin memeriksa lebih lanjut keluhan ibu.

        Terima kasih

        Hormat Saya

        Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
        Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon

  15. Dokter, sy mau tanya, sy mempunyai anak laki2 yang berumur 21th, di dada tengah dan kirinya nya ada benjolan2 kecil2 sebesar kacang hijau seperti jerawat batu tapi dia bilang tidak sakit dan warna kulitnya pun sama tidk merah. kalau ditekan ada yang berbiji ada yang tidak, bentuknya ada yang agak besar ada yang kecil. Sy sempat periksakan ke dokter dan di kasih rujukan ke dokter bedah dan dikasih pengantar pengantar dengan catatan :
    – Pemeriksaan Fisik : KONSISTENSI : KERAS, – Diagnosa sementara : SUSPECT FIBROMA / LIPOMA, penyakit apakah itu Dok? apakah berbahaya?? apa tindakan pengobatannya untuk penyembuhannya???
    Saya belum sempat tindaklanjuti surat pengantar tsb. ke dokter bedah karena jadwal kuliah anak saya belum bisa di atur.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Salam/Els

    1. Bapak/Ibu Els yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Benjolan kecil-kecil sebesar kacang hijau dan seperti jerawat, diantaranya ada yang berbiji….sepertinya merupakan bentuk kelainan kulit akibat infeksi virus dibandingkan suatu massa/tumor yang disebut dokter sebagai fibroma/lipoma. Apakah benar ukurannya sebesar kacang hijau?? Apakah tidak ada rasa nyeri pada saat disentuh?

      Saya tidak dapat menyimpulkan apa benjolan-benjolan yang ada di dada anak ibu tersebut, kecuali saya dapat melihatnya dan memeriksanya secara langsung. Bahaya atau tidaknya tergantung dugaan kita apa jenis benjolan tersebut. Bila merupakan lipoma atau fibroma maka dapat diangkat secara operasi dan selesai masalahnya. Bila benjolan-benjolan tersebut adalah akibat infeksi maka pengobatan yang dilakukan adalah pemberian antibiotika.

      Bila ibu berkenan dan memiliki waktu, ibu dapat membawa anak ibu untuk bertemu saya agar saya dapat melihat dan memeriksa lebih lanjut. Ibu dapat menemui saya di tempat saya berpraktek.

      Demikian dulu dari saya, semoga saya dapat membantu ibu dan anak ibu.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI RSCM.
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta
      4. RS Islam Pondok Kopi Jakarta

  16. Dokter Andra Yang Terhormat,

    Dok, Sy 38 tahun, umur 7 tahun sy mngalami kecelakaan, setelah itu sampai sekarang ketawa jadi tak simetris/ pipi bagian kiri sulit terangkat, mata kiri tak bisa terpejam spontan, pipi kiri ada gerak2 dikit. Setelah keluar dr RS dulu itu pipi sy bbrpa kali disenar/ setrum tapi tetap tak membantu. Akhir tahun 2011 sy ke dokter SPBS, diklaim syaraf periferal VII terjepit atau putus, untuk memastikannya harus di-MRI. Pertanyaan: bagaimana tingkat keberhasilan dan resiko operasi syaraf periferal VII ini? Sudah familiarkah di Indonesia operasi syaraf periferal VII?

    T K

    Salam

    1. Bapak Bimo yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya karena baru dapat membalas tulisan bapak sekarang.

      Dari gejala-gejala yang bapak alami pasca trauma tersebut sepertinya memang cukup jelas bahwa bapak mengalami kelumpuhan saraf kranialis VII (saraf fasialis). Manifestasinya adalah kelumpuhan otot-otot mimik wajah termasuk otot kelopak mata.

      Biasanya operasi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyambung saraf yang putus tersebut atau bila tidak dapat disambung karena terlal pendek maka harus dihubungkan dengan menggunakan graft saraf yang diambil dari saraf lain, biasanya yang digunakan adalah saraf kranialis XII (saraf hipoglosus). Keberhasilan dari teknik operasi ini juga cukup tinggi, dimana walau tidak bisa sempurna seperti semula namun memiliki perbaikan yang cukup signifikan. Tapi syaratnya adalah durasi sejak terjadinya putus saraf tersebut hingga dilakukan penyambungan harus tidak boleh terlalu lama. Berdasarkan literatur dan jurnal hasil yang baik bila dilakukan dalam waktu 1 bulan setelah putusnya saraf tersebut. Bila telah melewati waktu tersebut dan telah terlalu lama maka tindakan ini tidak akan meberikan hasil yang berarti sama sekali.

      Faktor lain yang menentukan keberhasilan tindaka operasi ini adalah bentuk putusnya saraf tersebut. Bila ujung-ujung saraf yang terputus dalam keadaan hancur berantakan maka usaha untuk menyambung kembali sangat sulit dan kembalinya fungsi saraf tersebut juga sangat kecil.Tapi bila terputusnya saraf tersebut adalah terputus bersih seperti kena pisau atau alat tajam lainnya maka usaha penyambungan saraf menjadi lebih tidak sulit.

      Operasi penyambungan saraf ini sudah lama dikenal namun tidak banyak dilakukan di Indonesia. Namun kita dapat melakukannya dengan syarat-syarat yang saya sebutkan diatas harus terpenuhi.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu bapak.
      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI RSCM.
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta
      4. RS Islam Pondok Kopi Jakarta

      1. Dokter Andra yg sy muliakan,

        Sungguh lengkap uraian yg bapak berikan, walaupun sampai skrg sy belum lakukan tindakan apa2 (CT Scan atau MRI) jd belum tahu apakah terjepit atau sudah putus. Yg jadi pertanyaan saya, kenapa kalau lewat 1 bulan dan bahkan bertahun2 syaraf itu sulit disambung? (kejadian saya 32 tahun yg lalu).

        Terima Kasih Dok, semoga suatu saat ada ksempatan temui Dok

        Semoga makin sukses

        Salam dr Sumatera

      2. Bapak Bimo yang terhormat
        Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

        Saraf adalah organ dengan kemampuan pulih baik secara struktur maupun fungsi yang terburuk di antara seluruh bagian tubuh kita. Saraf tidak memiliki cadangan regenerasi yang cukup sehingga pemulihannya menjadi sangat susah. Penelitian saat ini terus mencari obat yang dapat merangsang penyembuhan saraf, namun hingga saat ini pun belum ditemukan titik cerah sedikit pun. Oleh karena itu, organ saraf ini perlu dijaga dengan hati-hati. Jangan sampai mengalami kerusakan.

        Bagaimana keadaan bapak sekarang….??
        Ya saya harap juga dapat bertemu dengan bapak suatu saat nanti.

        Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
        Terima kasih

        Hormat Saya

        Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
        Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
        Staf Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta
        Email : dr.andra.bs@gmail.com
        Twitter : @dokter_andra

        Saya dapat ditemui di :
        1. RS. MEDISTRA Jakarta
        2. RS. Jakarta Heart Center (JHC) Jakarta
        3. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
        4. RS. Islam Pondok Kopi Jakarta
        5. RS. DHARMAIS Jakarta
        5. RS. PELNI Jakarta

    1. Rully yang terhormat
      Terima kasih sudah mengjungi blog saya.
      Sebelumnya ijinkan saya menyampaikan permohonan maaf saya karena baru bisa membalas tulisan Rully saat ini.

      Trigeminal neuralgia dapat terjadi pada usia berapa saja walaupun lebih seringnya pada orang tua dan sangat-sangat jarang pada anak kecil. Hal ini dikarenakan trigeminal neurlagia dan gejela-gejalanya tersebut muncul akibat jepitan saraf trigeminal oleh pembuluh darah. Kelaianan susunan atau struktur anatomi inilah yang dapat mengakibatkan trigeminal neuralgia.

      Oleh karena itu trigeminal neuralgia dapat terjadi pada usia Rully. namun kita harus melakukan pemeriksaan yang lengkap dan jelas dahulu sebelum memastikan apakah memang trigeminal neuralgia yang Rully alami. Bila Rully tertarik, dapat menemui saya di tempat-tempat saya berpraktek agar saya bisa memeriksa lebih jelas.

      Demikian dulu dari saya, semoga saya dapat membantu Rully.
      Terima kasih.

      ormat Saya

      Dokter Andra (Dr. M. radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RSCM / RSCM kencana Jakarta

  17. Selamat Malam dok,nama saya devi..usia 25 tahun..Kurang lebih 3 hari ini saya merasakan nyeri pada bagian kanan wajah saya mulai dari gigi,tulang pipi dan pelipis mata saya.Kondisi tersebut hanya terjadi di saat pukul 18.00 sampai dengan 24.00.apakah kondisi saya ini bisa dibilang menderita tn ? terima kasih dok ..

    1. Devi yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Dari deskripsi gejala dan lokasi yang devi alami memang masih mungkin mengarah kepada suatu trigeminal neuralgia. Nyeri wajah satu sisi merupakan gejala khas pada penderita trigeminal neuralgia.

      Namun cukup aneh memang bila gejala tersebut hanya berlangsung pada antara jam 18.00 hingga 24.00. Trigeminal neuralgia merupakan serangan nyeri wajah sesisi yang dapat terjadi kapan saja baik dengan frekueansi yang cukup sering hingga terus menerus dan progresif. Nyerinya juga memiliki intensutas yang sangat tinggi sehingga membuat si penderita merasa sangat kesakitan dan tidak nyaman. Bahkan hanya dengan sentuhan angin ringan saja di wajah sudah dirasakan sebagai nyeri yang luar biasa hebatnya bagi si penderita.

      Saya perlu menanyakan beberapa hal kepada devi.
      1. Apakah nyeri yang dirasakan devi memeiliki intensitas yang sangat berat?
      2. Sebelum 3 hari terakhir tersebut, apakah devi pernah merasakan nyeri yang sama di wajah?
      3. Pada antara jam 18.00 hingga 24.00, aktifitas apa yang devi sedang lakukan? Selain itu pada jam tersebut, dimanakah devi biasanya berada?
      4. Apakah devi merasakan sakit kepala juga pada saat serangan?
      5. Apakah di jam selain 18.00 sampai 24.00, devi tidak pernah merasakan nyeri tersebut?

      Saya sangat mengharapkan jawaban devi. Saya tunggu kabarnya.
      Terima kasih.

      Hormat Saya
      Dokter Andra (Dr. M. Radhian Arief, SpBS)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta

  18. Dokter Andra yang terhormat

    Ibu saya berusia 61 thn dan menderita nyeri pada wajah. rasanya seperti korslet yang muncul tiba-tiba.
    Berdasarkan diagnosis awal dokter di RS Siloam, nyeri tersebut dikarenakan saraf kelimanya melekat pada saraf lain. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah kondisi ini merupakan gejala TN?
    Apakah MRI bisa mendeteksi penyakit ini?

    1. Ibu Lince lady yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebalumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya karena baru dapat membalas tulisan ibu saat ini, dikarenakan kesibukan yang tidak dapat saya tinggalkan.

      Saya rasa yang ibu anda alami memanglah Trigeminal Neuralgia. Penekanan pada saraf ke lima merupakan suatu kondisi yang disebut dengan trigeminal neuralgia. Gejala yang ibu anda alami juga cocok dengan gejala trigeminal neuralgia.

      MRI otak dengan fokus pada tempat keluarnya saraf ke lima dapat membantu untuk menegakkan diagnosis Trigeminal neuralgia ini. Biasanya gambaran yang terlihat adalah adanya penekanan saraf ke lima oleh struktur lain yaitu pembuluh darah yang berada di dekatnya.

      Saat ini ibu anda mendapatkan terapi apa?

      Demikian dulu dari saya, semoga saya dapat membantu anda dan ibu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Ahli Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-intervensi)
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta
      5. RS Jakarta Heart Center / JHC Jakarta (Coming soon)

  19. Dokter sy penderita TN sdh 10 thn lebih, pernah dilakukan tindakan PRGR 6 kali, penyakitnya hilang timbul… minum obat Tegretol tdk pernah berhenti…Kalau operasi MVD itu kira kira berapa ya Dok? Terima kasih

    1. Bapak Andreas yang terhormat
      Terima kasih sudah menghubungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf karena baru dapat membalas tulisan bapak saat ini.

      Saya dapat merasakan sudah cukup lama kondisi yang tidak nyaman anda rasakan karena sudah 10 tahun mengalami trigeminal neuralgia. Apalagi anda sudah menjalankan semua pengobatan dengan medikamentosa dan sudah menjalani PRGR sebanyak 6 kali. Sepertinya tidak pernah mendapatkan pemulihan yang baik. Selain itu anda sudah cukup lama mengkonsumsi tegretol, hal ini bisa beresiko dimana penggunaan tegretol dalam waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping yang cukup banyak teermasuk gangguan keseimbangan bahkan gangguan penglihatan (berdasarkan pengalaman pasien-pasien yang saya terima).

      Saya rasa tindakan operasi MVD merupakan pilihan yang baik saat ini untuk anda. Saya tidak mengetahui dengan pasti berapa biaya tindakan MVD, namun memang harus diakui bahwa tindakan MVD merupakan operasi canggih dengan menggunakan mikroskop karena kita berhadapan dengan struktur-struktur saraf yang penting dan rapuh. Saya mungkin hanya bisa memberikan saran biaya yang harus anda siapkan sekitar 30 juta rupiah. Namun saya tidak mengetahui dengan pasti biaya tindakan operasi tersebut dengan pasti.

      Bila bapak tertarik, dapat menemui saya untuk tindakan ini.
      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu bapak.

      Terima kasih

      Hormat Saya
      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RSCM / RSCM Kencana Jakarta
      5. RS Rawalumbu Bekasi
      6. RS JAKARTA HEART CENTER Jakarta (coming soon)

    1. Bapak/Ibu Cingkirimit yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Saya tidak mengetahui dengan pasti berapa biaya operasi untuk penyakit trigeminal neuralgia. Namun untuk amannya saya sarankan mempersiapkan biaya sekitar 30 juta rupiah. memang biaya ini tidak murah namun hal ini dikarenakan operasi ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan menggunakan alat-alat yang cukup canggih.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya
      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS MEDISTRA Jakarta
      2. RS OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta
      5. RS RAWALUMBU Bekasi
      6. RS JAKARTA HEART CENTER (JHC) –> coming soon

  20. Dok,suami saya 54 thn,menderita sakit trigeminal 2 tahun,skr sudah di operasi 3 bulan yang lalu,tetapi skr seminggu ini tiba2 merasa sakit yg sangat sama seperti sebelum di operasi,kenapa ya dok?apa yg hrs suami sy lakukan?biasanya sesudah tindakan operasi suka sakit kembali?trima kasih

    1. Ibu Fitiria yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin bertanya, apakah gejalanya benar-benar mirip dengan gejala dahulu…?? Apakah nyeri selalu muncul setiap saat….?? Dimanakah dulu dilakukan tindakan operasi dan jenis operasi apa yang dilakukan…??

      Saya menunggu kabar dari ibu. Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI-RSCM
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RS. RAWALUMBU Bekasi
      5. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
      6. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta

  21. Terimakasih dok perhatiannya,menurut suami sy sakitnya sama seperti sebelum operasi,baru berasa 2 mgg ini,kemarin operasinya pemasangan teflon yg di bor di tengkorak dibelakang telinga kanan,operasinya memakan waktu 4/5 jam,panjang jahitan 12 cm,setelah operasi suami sy di icu semalam,nama operasi sy lp soalnya kami operasi nya Luar negri,apa sy hrs kesana lg?apa ada solusi yg lain dok,trimakasih

    1. Ibu Fitria yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Operasi yang ibu katakan tersebut disebut dengan “Microvascular decompression”. Saya juga akan melakukan tindakan operasi yang sama pada pasien-pasien saya yang mengalami trigeminal neuralgia. Namun anehnya kenapa sekarang suami ibu mengalami nyeri yang serupa kembali. Biasanya teflon yang dipasang akan menjaga dan mencegah saraf tersebut terjepit selanjutnya. Pada keadaan yang sangat jarang terjadi, bisa saja saraf trigeminal mengalami iritasi atau jepitan kembali. Hal ini dikarenakan kemungkinan teflon yang dipasang mungkin terlepas atau jumlahya terlalu sedikit sehingga saraf mengalami jepitan kembali.

      Saya menyarankan ibu untuk kontrol ke dokter yang melakukan tindakan operasi sebelumnya sehingga bisa diputuskan tindakan selanjutnya. Kemungkinan memang perlu dilakukan tindakan operasi ulang untuk menambah teflon terdahulu.

      Demikian dulu dari saya, semoga saya dapat membantu ibu
      Mohon saya dkabari bagaimana keadaan bapak selanjutnya.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI-RSCM
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
      4. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta
      5. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      6. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta

  22. Dok,sekarang suami sy minum obat neurontin 300mg,sudah 3 hr,hr ini suami sy merasa sakitnya berkurang sedikit dr kmrn,kenapa ya dok,kok sakit kembali ya dok?padahal sebelum operasi kita konsultasi dulu ktnya setelah tindakan tidak akan terasa lagi,kenapa ya dok,trimakasih atas perhatiannya

    1. Ibu Fitria yang terhormat
      Saya sudah menjawab pada tulisan ibu sebelumnya.

      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI-RSCM
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
      4. RSCM / RSCM KENCANA Jakarta
      5. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      6. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta

  23. Terimakasi dok atas penjelasannya,memang kami akan kontrol ke sana,tp saya jd kecewa tadinya memang suami sy mau operasi disini tetapi banyak yg menyarankan ke luar negeri katanya lebih terjamin mutunya,tetapi kenyataannya malah begini,padahal yg mengoperasi suami sy dr,prof loh,yang tiap hari pasien tn nya banyak dioperasi, kita mau kontrol aja jd lebih repot,padahal waktu kontrol pertama kt drnya ga akan skt lg,terimakasih atas perhatiannya dok,nanti klo kita sudah kontrol lg saya kabarin lagi

    1. Terima kasih kembali.
      Semoga suami anda mendapatkan kebaikan dan kesembuhan ya.

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :

      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
      4. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      5. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      6. RS. DHARMAIS Jakarta

  24. Dokter , saya sering merasakan sakit di Bagian kepala dan wajah kanan, kususnya dirahang , gigi, dan pelipis, saya mengalami hal tersebut sudah dua tahun ,dulu dibagian kepala sebelah kiri tapi akhir-akhir ini di sebelah kanan. Apakah gejala- gejala tersebut merupakan penyakit TN ? tapi umur saya baru 16 tahun.
    Terimakasih 🙂

    1. Ayu yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Gejala sesisi yang anda alami memang mengarahkan kepada suatu Trigeminal Neuralgia. Namun saya belum dapat menyimpulkan itu sebagai TN. Saya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat menyimpulkan apakah memang TN atau bukan.

      Apakah nyeri yang anda rasakan sangat berat? Apakah dengan sentuhan pada daerah sebelah kanan wajah anda akan menimbulkan nyeri yang lebih hebat lagi…?? Apakah hanya dengan suatu tiupan angin ringan sudah menimbulkan nyeri yang hebat di wajah sisi kanan anda…? Apakah nyeri dirasakan terus menrus atau hilang timbul…??

      Saya menunggu jawaban anda dan saya harap anda berkenan untuk menemui saya di tempat saya berpraktek.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik dan Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)

      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      3. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      4. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      5. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
      6. RS. Pusat Kanker Nasional DHARMAIS Jakarta

  25. Terimakasih dok atas penjelasannya, iya dok sakitnya hilang pergi , dan timbul secara tiba-tiba ketika saya sedang mengunyah atau mendengar suara yang sangat keras, pernah juga saat saya tidur lalu terbangun karena merasakan sakit seperti tertusuk, tertekan dan kalau dibuat gerak atau bicara sakit sekali. dibagian tersebut sampai-sampai saya sering menangis namun jika saya tertidur rasa sakitnya hilang sendiri. saat rasa sakit menyerang juga urat-urat dikepala terlihat dok,
    Terimakasih dok atas tawarannya, nanti saya bicarakan dengan Ayah saya dahulu, 🙂

    1. Sama-sama

      Semoga saya dapat membantu anda.
      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI-RSCM
      CEO pada PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      4. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      5. RS. DHARMAIS Jakarta
      6. RS. RAWALUMBU Bekasi

  26. dear dokter….
    dok, sy IRT umr 32thn. udh hmpr 4 thn sy menderita
    sakit pd pipi kanan.. kdng sampai berbulan2,br sembh tp kambuh lg…sakit sprt ada sprt listrik sakit sbntr tp kumt lg..kdng sy suka error dok..mau ambil ini terambil lain..kdng sk lupangaruh gk dok??apa ada hubunganny dgn kosmetik dok yg aq pakai dok ?? sy blom pernh periksa dok takut..blog yg sy bc ada mirip dgn yg sy alami..tp dok kalo kumat pipi sy sk bnyk jerawatny.. telinga..mata agk beda dok bibir sprt tegang kering kalo disentuh bibirny sakit kepipi sy jd tkt dok..sy skrng cmn mimum obt herbal saja dok.. apa sy sudah terkena trigeminal neural dok faktor utama kita terkena saraf trigeminal apa ya dok???
    mohon jawaban n saranny ya dok trimakasih….

    1. Ibu Chiechi yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Keluhan ibu sepertinya cukup banyak dan dari semua keluhan itu sangat sulit bagi kita untuk menyimpulkan kira-kira apa yang ibu alami sebenarnya. Sensasi nyeri pada satu sisi wajah memang menunjukkan ke arah suatu trigeminal neuralgia. Namun gangguan koordinasi (salah ambil) dan suka lupa tidak ada hubungan sama sekali dengan suatu trigeminal neuralgia. Dengan adanya tambahan keluhan tersebut, saya harus mencurigai beberapa penyakit lainnya juga yang menyerang otak atau sistem saraf pusat ibu.

      Kosmetik yang dipakai di wajah hanya dapat menimbulkan iritasi pada kulit dengan manifestasi yang jelas dan dapat terlihat oleh mata pada kulit. Gejala peradangan dan kemerahan akan terlihat dengan baik oleh mata. Kerusakan saraf pada wajah juga dapat terjadi bila menggunakan kosmetik yang tidak tepat. Tapi kembali, gejala suka lupa dan suka salah ambil (gangguan koordinasi) tidak cocok dengan gangguan kosmetik pada wajah.

      Mungkin saja ibu memang mengalami trigeminal neuralgia dan karena nyeri dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya membuat ibu tidak dapat berfungsi dengan baik. Namun saya ingin memeriksa ibu dengan lebih baik dan lebih mendalam. Bila ibu berkenan, dapat menemui saya di tempat saya berpraktek. Saya juga akan merencanakan melakukan pemeriksaan MRI kepala pada ibu untuk memastikan apakah memang ibu mengalami trigeminal neuralgia atau adakah penyakit yang lain.

      Gangguan koordinasi menunjukkan adanya suatu kelainan pada otak kecil atau serebelum. Gangguan lupa menunjukkan adanya suatu kelainan pada pusat pengaturan memori kita, dan hal itu terletak pada otak besar atau serebrum.

      Besar harapan saya dapat menemui ibu dan memeriksa ibu.
      Semoga saya dapat membantu ibu.

      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI-RSCM
      CEO pada PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      4. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      5. RS. DHARMAIS Jakarta
      6. RS. RAWALUMBU Bekasi
      7. RS. JAKARTA HEART CENTER Jakarta

      1. trimakasi dok atas saranny….
        tapi dok, sy blom bisa kejkrt dan blom pernah.. saat ini pipi saya sdng sakit sekali dok..sprt listrik bergetar atau uratny sprt berjalan.. ssh bilangny ya dok.. kalo udh sakitny keluar ampuun dok panas..perih..kuk ditusuk pisau..boleh saya minta obat apa yg hrs sy minum dok untk pertolngn pertama..menghlngkan rs sakit..tlng bls y dok..

      2. Ibu Chiechi yang terhormat

        Saya sebagai dokter tetap menyarankan ibu untuk bertemu dengan dokter dahulu dan ditentukan diagnosis yang tepat dahulu. Namun bila nyeri sudah cukup berat, ibu dapat mencoba mengkonsumsi obat-obatan di bawah ini :

        Tegretol 2 x 200 mg tab
        Ultracet 3 x 1 tab

        Mohon saya dikabari bagaimana hasilnya. Bila ibu merasa tidak nyaman dengan obat-obatan tersebut, mohon segera dihentikan dan memeriksakan diri ke dokter.
        Semoga saya dapat membantu ibu.
        Terima kasih

        Hormat Saya

        Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
        Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
        Staf Medik FKUI
        CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
        Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

        Email : dr.andra.bs@gmail.com
        Twitter : @dokter_andra

        Saya dapat ditemui di :
        1. RS. MEDISTRA Jakarta
        2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
        3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
        4. RS. DHARMAIS Jakarta
        5. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
        6. RS. RAWALUMBU bekasi

  27. Dok saya dwi putra mohon penjelasan tentang pengobatan sakit syaraf karena kebetulan bapak saya kena penyakit menurut dokternya nyeri syarat, syaraf yang kena katanya syaraf ke V, sudah berobat sempat sembuh tapi sering kambuh pertanyaan saya apakah penyakit nyeri syaraf tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan saja dan jika harus operasi dimana rumah sakitnya serta perkiraan biayanya karena terus terang kami ada keterbatasan dana biar bisa kami pikirkan untuk mendapatkan dananya. Terima kasih.

    1. Bapak Dwi Putra yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Penyakit nyeri pada wajah akibat iritasi atau kompresi saraf ke V, bila telah terdiagnosis dengan tepat dan sudah dilakukan terapi dengan obat-obatan yang maksimal namun masih tidak menunjukkan adanya perbaikna, maka terindikasi untuk dilakukan terapi dengan operasi. Gagalnya penyembuhan dengan obat-obatan menunjukkan bahwa tingkat iritasi atau kompresi saraf sudah cukup berat sehingga rasa nyeri akan selalu muncul dan bahkan semakin memberat walau sudah diberikan obat-obatan.

      Saya tidak mengetahui dengan pasti biaya operasi untuk penyakit nyeri wajah ini. Tindakan ada dua jenis, yaitu dengan penyuntikan zat penghilang rasa nyeri langsung kepada saraf V atau dengan operasi membebaskan saraf ang teriritasi atau terkompresi tersebut. Mungkin biaya paket operasinya sekitar 30 juta-an. Namun kembali, saya tidak mengetahui dengan pasti nilainya.

      Bila bapak berkenan, dapat membawa orangtua bapak menemui saya agar saya dapat memeriksa terlebih dahulu dan mudah-mudahan saya dapat membantu orangtua bapak untuk mengatasi penyakitnya ini.

      Demikian dulu dari saya, semoga saya dapat membantu bapak.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
      4. RS. DHARMAIS Jakarta
      5. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      6. RS. RAWALUMBU bekasi

  28. Dok saya mau menanyakan tentang penyakit migran. apakah penyakit migran dapat disembuhkan? soalnya istri saya menderita migran apabila mengalami kecapaian, suhu udara yang panas. migran tersebut terjadi di kepala sebelah kiri, tepatnya di alis mata. kadang juga di seluruh kepala atas bagian kiri. mohon pencerahannya.. terimakasih Pak Dokter Andra.

    salam
    Adie

    1. Bapak Adie yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Migren merupakan salah satu jenis sakit kepala yang tersering dikeluhkan setiap orang. Hampir seluruh manusia akan mengalami serangan migren setidaknya satu kali dalam hidupnya. Migren sangat banyak ditemukan karena begitu banyak yang dapat menjadi faktor pencetusnya, seperti yang bapak sebutkan diantaranya.

      Migren mungkin sulit untuk dihilangkan namun dapat dikontrol. Caranya tentunya adalah mengetahui dengan pasti oenyebab migren tersebut dan sebisanya menghindari faktor penyebab itu. Jadi memang bila salah satu atau semua faktor yang bapak sebutkan sebagai stimulus timbulnya migren bagi istri bapak, maka hal-hal tersebut harus dihindari sebisanya.

      Sebanarnya mekanisme migren adalah berhubungan dengan perubahan aliran darah ke otak akibat perubahan denyut jantung dan diameter kaliber pembuluh darah otak. Bila denyut jantung bertambah atau diameter pembuluh darah otak bertambah lebar, maka aliran darah akan meningkat pula. Perubahan ini yang menyebabkan timbulnya migren. Demikian juga bila sebaliknya.

      Saya rasa harus dicoba untuk diubah pola hidup sedemikian rupa sehingga semua faktor resiko pencetus migren dapat dihindarkan. Minum obat anti sakit kepala diperbolehkan saat migren menyerang. Banyak istirahat, hindarkan stres dan kelelahan berlebihan merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

      Demikian dulu dari saya, semoga saya dapat membantu bapak.
      Terima kasih.

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik FKUI
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
      4. RS. DHARMAIS Jakarta
      5. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      6. RS. RAWALUMBU Bekasi.
      7. RS. AMINAH Ciledug/Tangerang
      8. RS. TIARA BABELAN Bekasi

      1. Terimakasih Dok atas jawabanya, sangat membantu sekali, semoga blog nya semakin ramai dan sukses selalu buat pak Dokter Andra.

        hormat saya
        Adie

      2. Amin. Terima kasih. Mohon untuk doanya selalu.

        Hormat Saya

        Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
        Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
        Staf Medik FKUI
        CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
        Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

        Email : dr.andra.bs@gmail.com
        Twitter : @dokter_andra

        Saya dapat ditemui di :
        1. RS. MEDISTRA Jakarta
        2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
        3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
        4. RS. DHARMAIS Jakarta
        5. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
        6. RS. RAWALUMBU Bekasi.
        7. RS. AMINAH Ciledug/Tangerang
        8. RS. TIARA BABELAN Bekasi

  29. Malam dok, saya ingin bertanya wajah saya yang sebelah kiri letaknya di dagu mengalami pembengkakan sampai ke rahang awalnya saya merasa linu atau nyeri di bagian gigi seri saya lalu saya pergi ke dokter gigi dan dikasih obat sakitnya sembuh dok, tapi pada pagi harinya dagu saya bengkak saya sudah Je dokter gigi lagi dan diberi obat analgesik dan antibiotika ga sembuh sembuh tidak menimbulkan reaksi apapun sakitnya pada bengkak ini seperti di tusuk jarum sampai ke otak terus nyut2an dok ,kira kira saya sakit apa ya dok? Terima kasih

    1. Ibu Shabrina yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya karena baru dapat membalas tulisan anda saat ini dikarenakan kesibukan yang tidak dapat saya tinggalkan.

      Terus terang gejala pembengkakan pada dagu hingga rahang dengan rasa nyeri merupakan tanda adanya radang pada gusi akibat gangguan pada sistem gigi geligi. Walaupun tidak sembuh setelah berkunjung ke dokter gigi, menurut saya keadaan yang anda alami tetap berhubungan dengan gusi dan sistem gigi geligi. Jadi saya tetap menyarankan anda berobat kembali ke dokter gigi atau mencari dokter gigi baru.

      Namun bila tidak sembuh juga maka harus dipikirkan kemungkinan adanya radang pada kelenjar-kelenjar di wajah. Hal ini juga dapat memberikan gejela seperti yang anda alami, dan terapinya adalah pemberian obat anti radang dan anti biotik. Kemungkinan lain adalah daerah yang bengkak tersebut pernah digigit oleh binatang atau insekta tertentu sehingga mengakibatkan radang hebat. Tetapi pengobatannya hampir sama yaitu anti radang dan anti biotik yang tepat.

      Trigeminal neuralgia tidak cocok pada kasus anda karena pada trigeminal neuralgia tidak ada pembengkakan, hanya nyeri yang hebat sekali pada sesisi wajah.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda. Mohon saya dikabari mengenai perkembangan kondisi anda ya.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC) Jakarta
      4. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      5. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      6. RS. DHARMAIS Jakarta.

  30. mau tanya nih dok, saya pernah ngerasain nyeri didaerah wajah gitu, hidung jg nyeri rasanya seperti mau keluar cairan dihidung tapi trnyta tidak.. kira” nyerinya terasa sekitar 10 menit lalu hilang. gak sering sih dok.. tapi apa itu jg gejala penyakit tsb dok ?

    1. Ibu Selly yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya karena baru sekarang dapat membalas tulisan ibu dikarenakan kesibukan yang tidak dapat saya tinggalkan.

      Apakah nyeri di wajah yang anda rasakan hanya pada satu sisi saja….?? Atau pada kedua sisi wajah…??

      Gejala yang anda alami menurut saya lebih mungkin kepada suatu radang pada rongga sinus di wajah atau yang disebut dengan “SINUSITIS”. Gejala nyeri di sekitar wajah disertai dengan ada rasa seperti cairan yang mau keluar mungkin lebih cocok ke sinusitis tadi. Trigeminal neuralgia berciri khas nyeri hebat satu sisi saja yang nyeri itu dapat timbul dengan hanya hembusan angin ringan saja di wajah.

      Saya menyarankan anda untuk memeriksakan diri terlebih dahuku ke dokter spesialis THT sebelum kita menyimpulkan anda mengalami penyakit Trigeminal Neuralgia. Mudah-mudahan anda memang mengalami sinusitis dan dengan terapi yang tepat dari dokter spesialis THT akan menyembuhkan kekuhan anda.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC) Jakarta
      4. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      5. RS. OMNI PULO MAS Jakarta
      6. RS. DHARMAIS Jakarta.

  31. Salam dr Andra SpBS, kebetulan hari ini saya ada pasien TN dipuskesmas saya (serangannya bisa >10x/hari sampai seperti kejang), sebelumnya dia pernah dberikan carbamazepin namun tidak responsif lagi terus saya berikan tramadol hanya responsif satu hari, terakhir saya berikan gabexal…
    Pasien saya pulangkan dan saya sarankan untuk persiapan operasi….yg dia tanyakan masalah biaya :), dan apakah di RSCM operasi tersebut bisa mggunakan Jamkesmas :)…terima kasih
    ali_blagak@yahoo.co.id

    1. Dokter Ali Zainal Abidin Yth,

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon maaf saya baru sempat membalas dikarenakan kesibukan operasi.

      Keputusan medis yang anda buat sudah tepat. Baik terapi medika mentosa, maupun rekomendasi untuk surgikal.
      Di RSCM, operasi ini dapat dilakukan dan sepengetahuan saya RSCM menerima hampir semua jaminan termasuk Jamkesmas.

      Tindakan operasi untuk TN ada 2 jenis, yaitu: Blok saraf (yang lebih sederhana) atau Operasi Mikro dekompresi saraf (lebih kompleks). Saya tidak mengetahui dengan pasti biaya operasi ini, namun saya perkirakan biaya paket operasi Blok saraf adalah sekitar 7-10 Juta rupiah. Sedangkan paket operasi mikro dekompresi saraf biayanya sekitar 20-25 juta rupiah.

      Bila pasien anda tertarik, silahkan dikirim ke RSCM dengan surat rujukan yang ditujukan pada saya. Kita akan coba berikan bantuan untuk pasien anda.

      Terima kasih sudah mengkonsultasikan pasien anda pada saya. Bila anda ingin mengkonsultasikan pasien-pasien lainnya, silahkan langsung ke BB saya (PIN: 265AD6C0).

      Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.
      Hormat saya
      dr. M. Radhian Arief, Sp. BS (dokter Andra)
      Neurosurgeon
      Staf medik FKUI

      email: dr.andra.bs@gmail.com
      twitter: @dokter_andra

      Saya dapat ditemui dengan perjanjian di
      1. RS. Medistra
      2. RS. Antammedika
      3. Jakarta Heart Center
      4. RS. Islam Pondok Kopi
      5. RS. Kanker Dharmais

  32. ibu sy spt itu…klo sy bawa ke dokter andra, klo boleh tau dimana ya prakteknya?sehingg sy bisa menopersinya? atw klo dokter lain khawatir tdk mngerti permasalahannya.krn tindakan yg dijldkn diatas sdh dijalankan ibu sy dr mulai dktr gigi yg di kampung ampe yg di jkt.

    1. Ibu Yayah Yth
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon maaf baru dapat membalas, karena kesibukan operasi.

      Dibawah ini tercantum rumah sakit tempat saya berpraktek, silahkan datang bila ibu berkenan. Nanti kita akan coba bantu menangani nyeri wajahnya.

      Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

      Hormat saya
      dr. M. Radhian Arief, Sp. BS
      Neurosurgeon
      Staf Medik FKUI

      Email: dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter: @dokter_andra

      saya dapat ditemui dengan perjanjian di:
      1. RS Medistra, Jakarta
      2. RS Antammedika, Jakarta
      3. Jakarta Heart Center
      4. RS Islam Pondok Kopi
      5. RS Kanker Dharmais

  33. Saya sedang mengalami hal yg mirip, tetapi sy alami d kulit perut sebalah kanan meligkar smpai ke belakang sebelah kanan. Tidak ad luka sedikitpun tp jika d sentuh terasa perih sprti.luka.bakar, aplagi kena baju perih sekali,.kena angin juga perih.. apa obatnya ya?.sy sudah tdk thn perihnya, bahkan.skrng timbul.rasa seperti.pegal atau nyeri sy k.doktr kulit kemarin katanya dicurigai.ad virus.yg menyerang.saraf bawah kulit sy cum.dikasih vitamin.forneuron utk.pagi n malam glisedin. Benarkah.diagonas.doktr itu.dok??

    1. Ibu Sriartini yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya

      Sebelumnya saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya yang sebesar-besarnya karena baru dapat membalas tulisan ibu saat ini dikarenakan kesibukan yang tidak dapat saya tinggalkan.

      Gejala nyeri pada setengah sisi badan memang merupakan salah satu ciri khas penyakit infeksi virus yang kita kenal dengan herpes. Namun sesuai dengan sifat virus dimana ada batas waktu masa hidupnya dan pada akhirnya akan mati sendiri, maka lamanya penyakit atau keluhan anda juga akan terbatas. Biasanya lama penyakit itu tidak akan lebih dari 10 hari. Bagaimana dengan kondisi anda sekarang….? Apakah anda sudah sembuh….??

      Bila belum, maka harus dipikirkan kemungkinan-kemungkinan yang lain, diantaranya adalah infeksi yang berkepanjangan karena status imunitas atau daya tahan tubuh anda tidak baik, kemungkinan ada penyakit saraf lainnya seperti degeneratif atau tumor. Namun semua ini baru dicurigai bila nyeri yang anda rasakan tidak sembuh-sembuh juga.

      Pengobatan infeksi virus memang hanya obat-obatan suportif saja untuk mendukung sistem imunitas tubuh anda, tidak ada pengobatan khusus, karena virus akan mati dengan sendirinya.

      Demikian dulu dari saya, besar harapan saya mengetahui bagaimana kondisi ibu sekarang.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon (Dokter Spesialis Bedah Saraf) / Endovascular Neurosurgeon (Neuro-Intervensi)
      Staf Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
      CEO PT. ALTERLOBE INDONESIA (www.alterlobe.com)
      Konsultan Kesehatan dan Rumah Sakit pada PT. QUALEX CONSULTING / QINOVEX (www.qinovex.com)

      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter :@dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      3. RS. JAKARTA HEART CENTER (JHC)
      4. RS. ISLAM PONDOK KOPI Jakarta
      5. RS. KANKER DHARMAIS

      1. Dok,pa kbar sy bl maret yg lalu pernah mengunjungi blog ini,suami sy pernah melakukan operasi micro di luar,sesuai saran dokter dulu dulu bln mei 2013 suami sy kontrol lg ke dokternya,tp ktnya wajar klo masih mengalmi sakit,tp sampai skr nyerinya masih malahan seminggu ini semakin menjadi,boleh sy konsultasi ke tempat dokter? Lebih baik ke alamat yg mana? Sy tinggal di luar jakarta,

      2. Ibu Fitria yang terhormat

        Sangat boleh anda untuk konsultasi ke saya. Tempat saya praktek dapat anda lihat dibawah. Anda boleh memilih yang mana. Tapi saya sarankan ke medistra saja.

        Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
        Terima kasih

        Hormat Saya

        Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
        Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
        Staf Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta
        Email : dr.andra.bs@gmail.com
        Twitter : @dokter_andra

        Saya dapat ditemui di :
        1. RS. MEDISTRA Jakarta
        2. RS. Jakarta Heart Center (JHC) Jakarta
        3. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
        4. RS. Islam Pondok Kopi Jakarta
        5. RS. DHARMAIS Jakarta

  34. Malam dok, sy andi
    Gini dok wajah sy sebelah kanan sperti ditusuk-tusuk,gigi dan rahang terasa berdenyut,,sy juga sulit bernafas,perasaan ingin pingsaan,,nyeri ini timbul pada sore dan malam hari,biasa jg timbul jika aku sedang mengendarai sepeda motor,sy sudah 2 thun mengalami gejala ini,,
    Mohon saran dari dokter penyakit ǎ̜̣̍pa yg sy derita dan bgmana menanggulanginya
    Terimah kasih dok…

    1. Bapak Andi Yth

      Mohon maaf baru dapat membalas sekarang. Utamanya diakibatkan sering terjadi crash pada sistem wordpress ini, sehingga saat ini tim dokterandra.com sedang dalam proses untuk pindah platform demi kelancaran komunikasi dan aliran informasi.

      Nyeri wajah sesisi adalah tanda penyakit saraf yang disebut Trigeminal neuralgia, namun hal ini harus dipastikan terlebih dahulu.
      Jika memang diakibatkan oleh penyakit saraf maka nyerinya bersifat hebat, nyeri wajah sudah terasa walau hanya terkena hembusan angin. Apakah gejala anda seberat ini?
      Proses terapi harus diawali dengan anda datang memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf atau bedah saraf. Diagnosis penyakit anda harus dipastikan dengan akurat. Biasanya kita akan memulai terapi dengan pengobatan konvensional, dengan obat-obat anti nyeri. Jika hal tersebut sudah menimbulkan perbaikan, maka terapinya sudah cukup. Namun bila tidak mengalami perbaikan maka tindakan intervensi atau operasi mungkin diperlukan.

      Demikian dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih.
      dr. M. Radhian Arief, Sp. BS (dokter Andra)
      Spesialis Bedah Saraf – Ahli Neuro Endovaskular

      saya dapat ditemui dengan perjanjian di
      1. RS. Medistra
      2. RS. Jantung Jakarta (Jakarta Heart Center)
      3. RS. Kanker Dharmais
      4. RS. Antam Medika
      5. RS. Jakarta

  35. Dok sy dila umur 22
    Bulan oktober tgl 6 kmrin sy terkejut
    Karna mrasa dtampar,atau tersambar ptir….atau ky ada yang mnyetrum sy…

    Tp bsok ny udah g ky gt lg

    2 atau 3 hari kmudiannya, mrasakan lagi dok, stlah kjadian yg ke 2 ,jarakny dkat dok ,1 hari stelah itu sy ky gt lg dok
    Bhkan mkan utk kunyah dibagian kanansakit…apa saya terkena pnyakit ini y dok?..mmg pnyebabnya apa spampai saraf bs terjepit?kl saraf sy tdak trjepit ap sy kna tumor?tumor dbagian mna?apa saraf sy trjepit krna kcapean krna sring mnggunakan hp utk sms jd organ bagian kanan srg bkerjs jd klelahan dan mngakibatkn sraf trjepit?

    1. Mba Dila Yth

      Mohon maaf baru dapat membalas sekarang. Utamanya diakibatkan sering terjadi crash pada sistem wordpress ini, sehingga saat ini tim dokterandra.com sedang dalam proses untuk pindah platform demi kelancaran komunikasi dan aliran informasi.

      Bisa saja anda mengalami gejala Trigeminal neuralgia. Untuk memastikan ini baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf atau bedah saraf. Karena diperlukan pemeriksaan lengkap. Diagnosa tepat tidak dapat dilakukan lewat konsultasi ini.

      Demikian dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih.
      dr. M. Radhian Arief, Sp. BS (dokter Andra)
      Spesialis Bedah Saraf – Ahli Neuro Endovaskular

      saya dapat ditemui dengan perjanjian di
      1. RS. Medistra
      2. RS. Jantung Jakarta (Jakarta Heart Center)
      3. RS. Kanker Dharmais
      4. RS. Antam Medika
      5. RS. Jakarta

  36. Tambahan dok,november ini pas suami sy operasi satu tahun,sy ksihan melihatnya hampir tiap malam nyeri sampai ga bisa tidur,dulu sy ingin operasinya di indonesia,tetapi banyak teman suami sy menyarankan ke luar,skr jd repot untuk konsultasinya atas perhatiannya sy ucapkan trima ksih

    1. Nyeri yang suami anda rasakan berarti cukup hebat. Apakah pernah dikontrol pemeriksaan MRI kepala sebelumnya…??
      Bila anda tertarik, dapat menemui saya ya.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. Jakarta Heart Center (JHC) Jakarta
      3. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      4. RS. Islam Pondok Kopi Jakarta
      5. RS. DHARMAIS Jakarta

  37. selamat siang, dok

    sudah 2 hari, saya tiba tiba merasakan nyeri di tulang bagian bawah mata kiri. jika dibiarkan memang tidak terasa sakit, tapi ketika ditekan sakitnya sangat terasa. ketika berkedip pun rasa sakitnya terasa.
    saya, membaca beberapa artikel di internet dn ada yg mengatakan jika itu merupakan gejala sinusitis. tapi saya tidak sedang flu.
    apakah itu meamang gejala sinusitis, dok?
    kalau tidak bagaimana cara mengurangi rasa sakitnya, dok?

    1. Ibu Rima yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Kemungkinan besar memang yang ibu alami adalah sinusitis. Tetapi memang sebagian besar sinusitis terjadi saat seorang flu atau pasca serangan flu. Peradangan di rongga sinus dapat terjadi pasca serangan flu.

      Bila memang sinusitis, maka obatnya adalah antibiotikm anti peradangan dan obat dekongestan untuk membuka lubang-lubang di daerah rongga wajah. Bila memang sinusitis terlalu berat maka dapat dilakukan pembersihan rongga sinus oleh dokter THT.

      Bagaimana dengan kondisi ibu saat ini….??

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. Jakarta Heart Center (JHC) Jakarta
      3. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      4. RS. Islam Pondok Kopi Jakarta
      5. RS. DHARMAIS Jakarta
      6. RS. PELNI Jakarta

  38. Dok…, suami saya 1 th yang lalu di diaknosa kanker nasofaring st 2, suami sy tidak mau di kemo.. pilih pake herbal, sudah setahun ini, emang kelihatannya suaminya tetap sehat2 cuma makin kesini kok sering nyeri di tulang pipi kanan bahkan kadang rasa panas sampai ke mata, dan selain nyeri dia merasakan seperti gatal tapi ga tau dimana sumber gatalnya, menurut dokter gimana? terima kasih

    1. Ibu Iliana yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin menyempaikan rasa empati saya untuk suami anda yang menderita kanker nasofaring.

      Pertanyaan saya adalah apakah pernah dilakukan pemeriksaan CT Scan kepala atau MRI kepala untuk mengetahui derajat perluasan dari si kanker nasofaring ke dasar tulang tengkorak…??

      Kanker nasofaring terletak di nasofaring yang tidak jauh dari dasar tulang tengkorak. Tumor atau kanker ini dapat menemus tulang dasar tengkorak dan masuk ke dalam rongga kepala bagian bawah. Di bagian bawah rongga kepala atau di daerah dasar tulang tengkorak banyak saraf-saraf kranialis yang melintang. Saraf-saraf ini mengatur berbagai fungsi di kepala dan wajah, seperti rasa di wajah dan kepala, gerak wajah, gerak bola mata, dan lain-lain. Munculnya gejala0gejala di wajah atau kepala sering terjadi pada penderita kanker nasofaring dan merupakan petanda bahwa kanker sudah berada di dasar tulang tengkorak.

      Saya menyarankan agar dilakukan CT Scan kepala atau MRI kepala untuk mengkonfirmasi hal ini. Apalagi suami anda tidak mau menjalani kemoterapi, sehingga memungkinkan sekali bahwa sang kanker tumbuh dan meluas.

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. Jakarta Heart Center (JHC) Jakarta
      3. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      4. RS. Islam Pondok Kopi Jakarta
      5. RS. DHARMAIS Jakarta

  39. maaf dok saya mau bertanya,
    bapa saya sudah 3 bulan terakhir ini merasakan nyeri di pipi bagian kiri, terkadang kalu lagi datang nyerinya seperti kesetrum yg sangat hebat terkadang samapai menangis…awalnya bapa saya menganggap giginya yang sakit. setelah di cabut beberapa tidak ada reaksi apa-apa…
    tindakan apa ya dok yg harus saya lakukan,pernah di bawa ke dokter saraf dokter bilang katanya saraf V. untuk obat mengurangi rasa nyeri kesetrumnya apa ya dok…kalau estimasi biaya operasi berkisar berapaan ya dok.

    terimakasih sebelumnya

    1. Adek yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Sebelumnya saya ingin bertanya, apa yang diberi olehdokter sarah sebagai obat setelah mengatakan bahwa apa yang bapak anda alami adalah masalah pada saraf ke V….??? Apakah dengan obat yang diberikan dokter saraf, gejala yang bapak anda alami berkurang…??

      Untuk mendiagnosa sudah kelaianan pada saraf ke V (trigeminal neuralgia), saya perlu memeriksa dengan seksama dahulu. Selain itu saya memerlukan pemeriksaan MRI kepala untuk melihat struktur saraf ke V tersebut.
      Bila anda berkenan membawa kan ayah anda untuk bertemu dengan saya di tempat saya berpraktek.

      Biaya operasi tergantung jenis operasi yang akan kita pilih nantinya berdasarkan kondisi bapak. Ada tindakan operasi dengan blok saraf atau ada operasi dengan mikroskop. Saya tidak tahu dengan pasti biaya operasi, karena berbeda untuk masing-masing rumah sakit.

      Bagaimana kondisi ayah anda saat ini….??

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. Jakarta Heart Center (JHC) Jakarta
      3. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      4. RS. Islam Pondok Kopi Jakarta
      5. RS. DHARMAIS Jakarta
      6. RS. PELNI Jakarta

  40. Dr. Andra YTH

    Saya , Arif 36 tahun.
    Pada tahun 2010 saya cabut gigi bawah nomor 5 kiri dan kanan , di karenakan gigi selalu sakit / nyeri , diagnosa dokter gigi adalah gusi pada gigi bawah nomor 5 kiri dan kanan abrasi .
    Setelah kedua gigi di cabut , beberapa bulan kemudian rasa nyeri itu datang kembali menyerang gigi bawah nomor 6 kiri dan kanan, kadang datang secara bergantian, kadang datang berbarengan. Rasa nyerinya sangat menusuk ke bagian kepala kiri dan kanan. Sejak mengalami rasa nyeri itu , saya sealu minum obat panadol merah, setiap minum panadol merah rasa nyeri saya hilang, dan hal seperti ini sudah saya lakukan sejak tahun 2010 , saya sudah foto panaromic dan saya bawa ke dokter spesialis gigi , spesialis perio , spesialis bedah gigi dan terakhir saya ke dokter bedah mulut, barulah dokter bedah mulut menjelaskan kepada saya kalau saya terkena penyakit yang menyerang syaraf saya namanya Neuralgia Trigeminal.
    Dari dokter bedah mulut, saya di rujuk untuk berobat ke dokter syaraf. Akhirnya saya bertemu dokter syaraf RS swasta di depok, saya di berikan obat KALMECO 500 MCG kapsul, PROVELYN 150 MG tablet dan obat racikan yang harus di minum bila rasa nyeri datang, tapi tetap rasa nyeri itu masih datang dan obat racikan yang di berikan dokter tidak mampu menghilangkan rasa nyeri dan akhirnya saya kembali minum panadol merah.
    Saya ingin penyakit saya cepat sembuh, Insya ALLAH saya ingin datang berobat dengan dokter di RSCM.
    Apakah berbahaya buat tubuh saya karena saya selalu minum obat panadol merah kurang lebih semenjak 4 tahun yang lalu ?
    Apakah penyakit saya ini bisa sembuh tanpa operasi ?
    Apakah penyakit ini bisa menurun ke anak saya ?
    Tolong informasi terbaru jadwal praktek dokter Andra ?

    Terimakasih

    1. Bapak Arif yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Perjalanan penyakit yang anda alami memang suatu perjalanan penyakit yang khas pada penderita Trigeminal neuralgia. Namun memang masih harus kita telusuri lebih lanjut apakah memang trigeminal neuralgia yang anda alami. Nyeri pada trigeminal neuralgia sangat mengganggu dan bahkan dengan hembusan angi saja pada wajah sudah menghasilkan nyeri yang luar biasa. Konsumsi obat-obatan yang tidak memberikan hasil bisa menunjukkan bahwa tingkat penyakit sudah sangat lanjut atau obat yang digunakan belum tepat.

      Mengkonsumsi obat anti nyeri dalam waktu yang lama tidaklah baik dan akan memberikan komplikasi yang juga akan menganggu kesehatan. Gangguan pada lambung dan sistem pencernaan hingga ketergantungan pada obat yang membuat seseorang tidak mempan diberikan obat anti nyeri itu lagi.

      Bila tingkat penyakut masih dalam stadium awal, maka kadang dengan obat-obatan yang benar dapat mengurangi rasa nyeri sehingga operasi belum diperlukan. Biasanya saya akan memberikan obat selama 1 bulan dan melihat apakah ada perbaikan atau tidak.

      Pengalaman saya trigeminal neuralgia bukan penyakit turunan sehingga belum tentu anak anda akan mengalami yang anda alami juga.

      Saya sekarang tidak praktek di RSCM lagi. Saya sudah tidak bertugas di RSCM sejak tahun 2013. Sekarang saya praktek di RS. MEDISTRA, RS. ANTAM MEDIKA, RS. JAKARTA HEART CENTER, RS. PELNI, dan RS. DHARMAIS.

      Semoga saya dapat bertemu anda dan membantu anda.
      Terima kasih

      Demikian dulu dari saya, semoga dapat membantu anda.
      Terima kasih

      Hormat Saya

      Dr. M. Radhian Arief, SpBS (Dokter Andra)
      Neurosurgeon / Endovascular Neurosurgeon
      Staf Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta
      Email : dr.andra.bs@gmail.com
      Twitter : @dokter_andra

      Saya dapat ditemui di :
      1. RS. MEDISTRA Jakarta
      2. RS. Jakarta Heart Center (JHC) Jakarta
      3. RS. ANTAM MEDIKA Jakarta
      4. RS. Islam Pondok Kopi Jakarta
      5. RS. DHARMAIS Jakarta
      6. RS. PELNI Jakarta

  41. Dear Dr. Andra

    Saya Desi Puspita (25th)
    Saya saat ini sedang mengadung UK.18W tiga hari yang lalu saat bangun pagi saya muntah hebat makanan saur yang saya makan pkl 4pagi keluar semua, anehnya saat saya muntah pelipis mata sebelah kanan saya terasa sangat nyeri. setelah muntah nyeri itu tidak hilang sampai sekarang dan sangat mengganggu konsentrasi kerja. gusi saya juga terasa bengkak.. apakah itu termasuk dari Trigeminal neuralgia? rasa sakit dipelipis mata saya membuat mata saya cepat lelah dan sakit ketika berkedip. saya tidak minum obat apapun kecuali vitamin kehamilan dg resep dokter, dan saya belum konsultasi ke dokter manapun.

    1. Desi yang terhormat
      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

      Menurut saya, yang Desi alamin belum bisa disimpulkan sebagai trigeminal neuralgia. Nyeri pada pelipis kanan yang timbul baik dicetus dengan adanya muntah atau tidak, belum tentu harus sebagai trigeminal neuralgia.

      Nyeri pada pelipis bisa banyak penyebabnya, baik penyebabnya dari dalam kepala maupun dari luar kepala. Dari dalam kepala bisa karena memang ada saraf yang teriritasi. Kalau dari luar kepala bisa dikarenakan tekanan darah rendah atau tinggi, kadar gula darah yang tidak seimbang, kadar garam tubuh yang tidak seimbang, dan lain-lain. Apalagi saat ini Desi sedang hamil, dimana keadaan hormonal menjadi fluktuatif dan beban tubuh serta beban metabolisme tubuh juga bertambah.

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan anda dan juga dokter saraf. Hati-hati dengan penggunaan obat karena Desi sedang hamil.

      Terima kasih

Bagaimana menurut anda, ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s